Aston Martin DB11 Resmi Meluncur di Indonesia

Aston Martin DB11 Resmi Meluncur di Indonesia

641
0
BERBAGI
(foto : modifikasi.com)

Bertepatan dengan ulang tahunnya yang pertama, Aston Martin Jakarta pada hari Rabu, 25 Agustus 2016 kemarin meluncurkan mobil terbaru dari seri DB yaitu DB11.   “Hari ini kami antusias dapat memperkenalkan Aston Martin DB11, DB11 menandakan era baru dari desainer Aston Martin. Mobil ini menunjukkan eksistensi Aston Martin. Hari ini juga is 1st anniversary Aston Martin Jakarta. Bagi kami 1 tahun hanya permulaan dan number, saya yakin tim kami bisa memberikan fasilitas first class kepada pelanggan di Jakarta,” kata Chief Executive Officer Aston Martin Jakarta, Irmawan Poedjoadi, di Four Season Hotel, Jakarta.

Irmawan Poedjoadi juga mengatakan bahwa, hadirnya DB11 merupakan bukti eksistensi Aston Martin, “DB11 pasti akan memukau para pencinta otomotif di Indonesia dengan kombinasi desain baru, elegan, dan tenaga dari mesin 5,2 liter V12 twin-turbocharged. DB11 tidak hanya mobil terpenting yang Aston Martin luncurkan dalam sejarah saat ini, namun juga menunjukkan eksistensinya selama 103 tahun,” katanya. Mobil ini merupakan model DB paling bertenaga yang pernah dibuat Aston Martin, sekaligus supercar turbo pertama mereka.

Desain Khas Aston Martin

Mobil ini mempunyai karakter desain yang masih mewarisi ciri khas mobil-mobil Aston Martin terdahulu, yang paling utama adalah front-hinging clamshell bonner, dan penggunaan kisi tebal pada grille yang serasi dengan headlamp LED.Untuk mengimbangi besarnya tenaga yang dihasilkan oleh mesinnya, Aston Martin DB11 dibangun atas struktur aluminium terbaru yang memiliki efisiensi ruang lebih serta ringan dan kuat.

kecanggihan teknologi informasi ala Jerman (foto : modifikasi.com)
kecanggihan teknologi informasi ala Jerman (foto : modifikasi.com)

Aston Martin menggandeng Daimler AG sebagai technical partner untuk DB11 ini, jadi sangat terasa kecanggihan teknologi informasinya di bagian interior. Terdapat layar sentuh TFT 12 inchi full-colour yang menampilkan informasi utama kendaraan, disertai layar 8 inchi TFT yang berada tepat di tengah dan khusus untuk hiburan. Pada sistem hiburan mobil ini juga terdapat fitur auto-park assist dan 360 derajat birds-eye view camera.

Mesin V12 Turbo

DB11 merupakan model DB paling bertenaga, efisiensi tinggi, dan terdinamis dalam sejarah Aston Martin. DB11 didukung oleh mesin 5200 cc V12 twin-turbocharged yang dapat menghasilkan tenaga maksimal sebesar 608 Hp dan torsi maksimal 700 Nm. Kecepatan maksimal yang bisa ditempuh yaitu 322 km/jam dan 0-100 km/jam bisa ditempuh dalam waktu 3,9 detik dengan bank activation dan teknologi stop-start yang berpotensi untuk meningkatkan efisiensi.

mesin besar (foto : modifikasi.com)
mesin besar, bertenaga dan efisien (foto : modifikasi.com)

Mesin besar tersebut dipadukan dengan sistem transmisi otomatis delapan percepatan ZF. Pengemudi dapat memilih beberapa pilihan mode mengemudi seperti GT, Sport, dan Sport Plus yang secara bertahap meningkatkan respon dari mesin.

Belum Ada Harga Pastinya

Mobil ini sudah bisa dipesan dan bahkan sudah ada beberapa konsumen yang memesannya. Pengiriman pertama mobil ini dilakukan pada kuartal pertama 2017. Namun yang unik, harga mobil ini malah masih dirahasiakan. Pihak Aston Martin Jakarta sepertinya masih ragu dengan harga pastinya. “Kami masih hitung semuanya berkenaan dengan pajak dan lainnya,” ucap Irmawan Poedjoadi.

harga pastinya belum diumumkan (foto : modifikasi.com)
harga pastinya belum diumumkan (foto : modifikasi.com)

Kapasitas mesin V12 Aston Martin ini biasanya di angka 6.000 cc, tetapi di DB11 ini menjadi 5.200 cc. Namun mobil ini tetap terkena PPNBm tinggi karena tetap di atas 3.000 cc. Aston Martin Jakarta sedang berusaha untuk membuat harga di bawah 10 milyar Rupiah, karena Aston Martin sendiri merasa akan sangat berat untuk menjual supercar dengan harga di atas 10 milyar Rupiah di Indonesia. Beda ceritanya dengan hypercar semacam Lamborghini Aventador atau Ferrari F12 yang memang cocok dijual di angka belasan milyar Rupiah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY