BMW Z4 Tutup Usia, Siapa Penggantinya?

BMW Z4 Tutup Usia, Siapa Penggantinya?

489
0
BERBAGI
Selamat tinggal Z4! (Foto: Jalopnik)

Sejak pertama diperkenalkan pada tahun 2002, BMW Z4 telah sukses menggantikan peran BMW Z3 dan langsung meraih penghargaan Design of the Year Award saat perdana meluncur. Berlanjut ke generasi keduanya di tahun 2009, BMW masih bertahan dengan Z4 hingga akhirnya memutuskan untuk mengakhiri siklus hidupnya pada tahun ini.

Menurut BimmerToday, satu unit BMW Z4 lansiran pabrik perakitan di Regensburg bertanggal 22 Agustus 2016 lalu merupakan pamungkas dari 115.000 unit Z4 berkode E89 yang diproduksi di pabrik tersebut sejak tahun 2009. Banyak kalangan menilai bahwa BMW tengah mempersiapkan Z5 sebagai penerus Z4 yang disuntik mati tersebut.

Z5 Hasil Kolaborasi dengan Toyota?

Unit terakhir dari BMW Z4 yang dibuat di Regensburg bertipe sDrive35is dengan warna Valencia Orange Metallic. Berbeda dengan para saudara lainnya di BMW yang telah beralih ke mesin berkode N55 yang lebih efisien, Z4 terakhir ini masih menggunakan mesin lama N54 6-silinder segaris berkapasitas 3.0-liter biturbo.

Z5 akan gantikan Z4, hasil kolaborasi dengan Toyota? (Foto: themotorreport)
Z5 akan gantikan Z4, hasil kolaborasi dengan Toyota? (Foto: themotorreport)

Keputusan untuk mengakhiri produksi Z4 memang sudah dijadwalkan dari jauh hari. BMW sendiri masih terus mencoba untuk mengembangkan calon model penerusnya. Salah satu kehebohan yang sempat muncul terkait calon penerus Z4 ini adalah rumor yang memperkirakan bahwa Z5 akan dibuat bersama dengan Toyota.

Spyshot BMW Z5 telah banyak beredar (Foto: Top Speed)
Spyshot BMW Z5 telah banyak beredar (Foto: Top Speed)

Kolaborasi BMW – Toyota ini mencakup sharing komponen yang disebut-sebut berbagi dengan generasi terbaru Toyota Supra. Jika benar kedua raksasa otomotif ini berkolaborasi dalam proses pembuatan Z5, maka lawan-lawan semacam Mercedes-Benz SLK dan Porsche Boxster wajib berbenah diri jika tak mau ketinggalan di belakang.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY