Indonesia Targetkan Pertumbuhan Kendaraan Listrik Hingga 2.200 Unit Pada Tahun 2025

Indonesia Targetkan Pertumbuhan Kendaraan Listrik Hingga 2.200 Unit Pada Tahun 2025

430
0
BERBAGI
Toyota Alphard Hybrid di GIIAS 2015 (Foto: Ototaiment)

Ketersediaan bahan bakar minyak yang terancam punah karena tidak dapat diperbaharui membuat para engineer terus memikirkan bahan bakar alternatif yang lebih ramah lingkungan dan mudah tersedia untuk kendaraan, termasuk kendaraan bertenaga listrik yang saat ini kian populer.

Lalu bagaimana dengan Indonesia? Jika melihat pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 79 Tahun 2014 yang menyatakan bahwa pemerintah dan/atau pemerintah daerah sesuai kewenangannya wajib melaksanakan diversifikasi energi untuk meningkatkan konservasi sumber daya energi dan ketahanan energi nasional di pusat dan di daerah, maka boleh dipastikan Indonesia juga akan segera mengarah pada kendaraan dengan bahan bakar alternatif, termasuk diantaranya adalah kendaraan listrik.

2.200 Mobil Hybrid dan Listrik di Tahun 2025

Menurut Direktur Sarana Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Carlo Manik, PP tersebut mewajibkan Kemenhub merealisasikan peningkatkan jumlah kendaraan listrik, termasuk sebanyak 10 persen untuk angkutan umum. Tugas ini harus diselesaikan hingga tahun 2025 mendatang.

Ilustrasi transportasi publik bertenaga listrik (Foto: phoenixmotorcars)
Ilustrasi transportasi publik bertenaga listrik (Foto: phoenixmotorcars)

Menurutnya, jumlah kendaraan pribadi (mobil) bertenaga listrik atau hybrid yang harus sudah tersedia di tahun 2025 sebanyak 2.200 unit, sedangkan kendaraan roda dua (sepeda motor) sebanyak 2,1 juta unit.

Melihat Kesiapan Produsen

Hingga saat ini, perkembangan mobil hybrid ataupun listrik di Indonesia sudah menunjukkan peningkatan bertahap. Sejumlah model mobil seperti Toyota Alphard, Toyota Camry maupun Nissan X-Trail telah hadir di Indonesia dalam varian hybrid alias bertenaga gabungan mesin konvensional dan motor listrik. Bukan tak mungkin jika nantinya produsen lokal juga mendapat porsi tersendiri untuk meramaikan pasar mobil hybrid atau listrik.

Nissan X-Trail Hybrid sudah tersedia di Indonesia. Merek-merek lain segera menyusul? (Foto: Nissan)
Nissan X-Trail Hybrid sudah tersedia di Indonesia. Merek-merek lain segera menyusul? (Foto: Nissan)

Tak hanya mobil, produsen motor pun menunjukkan ketertarikan yang cukup antusias, seperti yang bisa kita lihat pada Garansindo Group yang bekerja sama dengan ITS untuk membuat skuter listrik bernama GESITS. Rasa-rasanya Indonesia hanya tinggal menunggu kesiapan alat transportasi publik bertenaga listrik atau hybrid saja nih!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY