Mercedes – AMG Buat Hypercar Pakai Mesin F1

Mercedes – AMG Buat Hypercar Pakai Mesin F1

568
0
BERBAGI
(foto : roadandtrack.com)

Divisi kendaraan berperforma tinggi dari Mercedes-Benz, AMG, pada tahun 2017 nanti akan merayakan ulang tahunnya yang ke-50. Untuk merayakan ulang tahunnya, Mercedes-Benz dan AMG sepertinya sudah mempersiapkan sesuatu. Dari berita yang banyak beredar belakangan ini, Mercy dan AMG sedang mempersiapkan pembuatan sebuah hypercar menggunakan mesin F1 seperti yang digunakan oleh Lewis Hamilton dan Nico Rosberg.

Sepertinya Mercy memang tidak mau ketinggalan dengan produsen-produsen otomotif yang lain. Seperti kita ketahui, Aston Martin sudah menjalin kerjasama dengan Red Bull Racing F1 untuk membuat hypercar AM-RB 001, dan unitnya akan hadir pada 2018. Sementara di segmen hypercar, nantinya mobil produksi Mercy tersebut akan bersaing dengan Ferrari LaFerrari, McLaren P1, dan Porsche 918 Spyder. Banyak yang menduga penampilan mobil cepat Mercy ini bakal seperti model konsep Mercedes-AMG Grand Turismo yang pernah ditampilkan beberapa tahun lalu.

Mesin Bertenaga Super dengan Body Futuristik

Menurut beberapa sumber, nantinya hypercar ini akan menggunakan sasis monokok serat karbon. Sedangkan desain pintunya akan mengadopsi model gull-wing seperti AMG 300SL. Mengimbangi desainnya yang futuristik, mobil tersebut juga akan dilengkapi fitur canggih seperti biometric driver control system yang sudah digunakan pada mobil konsep Vision Mercedes-Maybach 6.

desain eksterior yang cukup futuristik (foto : autoblog.com)
desain eksterior yang cukup futuristik (foto : autoblog.com)

Teknologi ini sebenarnya sudah dikembangkan oleh Ferrari sejak lima tahun lalu, yakni memungkinkan kendaraan untuk membaca kondisi pengemudi. Lalu sasis dan kontrol elektronik kendaraan akan menyesuaikan mode pengendaraan dengan kondisi pengemudinya.

kabarnya, mesin hypercar ini akan lebih powerful daripada mesin F1 (foto : espn.co.uk)
kabarnya, mesin hypercar ini akan lebih powerful daripada mesin F1 (foto : espn.co.uk)

Sumber tenaganya diperkirakan akan menggunakan mesin yang bertenaga lebih besar dari mesin F1 dan ditambahkan tiga motor listrik. Tenaga yang dihasilkannya akan mencapai 1.000 sampai 1.500 Hp. Tenaga itu sudah cukup untuk menyaingi hypercar hybrid yang ada saat ini seperti LaFerrari dan Porsche 918 Spyder. Penggunaan sumber tenaga yang besar diklaim untuk mengejar power to weight ratio 1:1. Besaran tenaganya bakal diupayakan sama dengan berat mobil.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY