Pede, Jagoan Toyota di Rally Dakar 2017 Bakal Pakai Penggerak 2 Roda

Pede, Jagoan Toyota di Rally Dakar 2017 Bakal Pakai Penggerak 2 Roda

1791
0
BERBAGI
toyota hilux evo (foto : carscoops.com)

Tim balap resmi Toyota untuk Reli Dakar, Toyota Gazoo Racing tengah mempersiapkan mobil andalan terbarunya untuk kompetisi bergengsi kelas dunia tahun 2017 depan, Rally Dakar atau sebelumnya disebut Paris – Dakar. Toyota Gazoo Racing mengungkapkan, mobil yang dipakai untuk Reli Dakar tahun depan ialah pikap Hilux yang diberi nama Hilux Evo.

Toyota Hilux ini pun mempunyai platform yang sama dengan Toyota Hilux yang dipakai di jalanan, dan sekedar informasi, platform Hilux adalah sama persis dengan Fortuner dan Innova yang dirakit di Indonesia untuk pasar lokal maupun ekspor. Tetapi tentu mobil ini tentu saja berbeda dengan yang anda pakai sehari-hari, karena walaupun memiliki platform yang sama, tetapi Toyota Gazoo Racing sudah memodifikasi habis-habisan mobil ini. Sebelum resmi turun balap, Toyota tentu saja akan melakukan serangkaian riset dan pengujian. Nantinya mobil ini akan dikemudikan oleh pembalap Nasser Al-Attiyah dengan navigatornya Matthieu Baumel.

Two Wheels Drive

Betul sekali anda tidak salah membaca, Two Wheels Drive atau penggerak dua roda. Reli Dakar menggunakan penggerak dua roda? Alasannya sederhana, demi memangkas bobot, plus regulasi FIA untuk mobil penggerak dua roda lebih bebas. Tentu saja hal ini sudah melewati banyak riset dan pertimbangan. Lagipula dengan menggunakan penggerak dua roda, regulasi juga lebih longgar soal dimensi lingkar roda yang lebih besar, restriktor yang lebih besar, jarak main suspensi yang lebih panjang, serta diperbolehkan memiliki pengatur tekanan ban dari dalam kabin. Hal-hal seperti ini tidak diperbolehkan pada kelas mobil yang menggunkan penggerak empat roda.

toyota hilux yang dipakai untuk rally dakar tahun 2016 (foto : en.wheelsage.org)
toyota hilux yang dipakai untuk rally dakar tahun 2016 (foto : en.wheelsage.org)

Lalu berbicara masalah mesin, tentu saja Hilux ini tidak menggunakan mesin standarnya. Hilux tersebut akan menggendong mesin V8 naturally aspirated yang diambil dari Lexus. Mesin ini akan diposisikan di tengah, dan menggerakkan roda belakang. Selain itu, para engineer nya pun meletakkan mesin ini dengan posisi agak lebih kebawah untuk merendahkan titik pusat gravitasi mobil.

mobil lebih tinggi untuk mengejar jarak main suspensi yang lebih panjang (foto : carscoops.com)
mobil lebih tinggi untuk mengejar jarak main suspensi yang lebih panjang (foto : carscoops.com)

Hasilnya yang didapat dari modifikasi yang dilakukan adalah mobil ini jadi sangat stabil karena titik center of gravity-nya tadi menghasilkan distribusi bobot di tengah dan juga rendah. Berat mobil pun berhasil dipangkas hingga 800 kg dari versi standar yang beredar dijalanan (pada spek tertingginya).

Rally Terdahsyat di Dunia

Tahun ini 2017, Reli Dakar akan mengambil start di Asuncion, Paraguay dan finish di Buenos Aires, Argentina. Reli ini akan berlangsung selama 12 hari, dari tanggal 2 Januari 2017 hingga 14 Januari 2017 dan tentu saja medan lintasannya sangat melelahkan. Bayangkan, para pembalap akan dihadang oleh kelelahan yang luar biasa, belum lagi resiko tersesat dan kerusakan kendaraan. Banyak sekali berita kecelakaan, kematian, bahkan peserta yang tiba-tiba hilang saat melewati gurun pasir. Oleh karena itu, event ini bisa menjadi kebanggan tersendiri bagi orang-orang yang bisa menyelesaikan rutenya dengan selamat.

kerusakan yang dialami oleh tim Peugeot pada reli Dakar tahun 2016 kemarin, dan tentu saja harus diperbaiki sendiri (foto : youtube.com)
kerusakan yang dialami oleh tim Peugeot pada reli Dakar tahun 2016 kemarin, dan tentu saja harus diperbaiki sendiri (foto : youtube.com)

Dulu, event reli ini bernama Paris – Dakar karena saat pertama kali digelar pada tahun 1978, reli ini mengambil start di Paris, Perancis dan finish di Dakar, Senegal. Event ini banyak dikatakan sebagai ajang pertaruhan nyawa, karena rutenya yang tidak biasa, dan dengan level kesulitan yang amat tinggi. Hal ini menjadikan reli Dakar sebagai event reli paling bergengsi di dunia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY