Generasi Terbaru Peugeot 5008 akan Debut di Paris Motor Show

Generasi Terbaru Peugeot 5008 akan Debut di Paris Motor Show

756
0
BERBAGI
peugeot 5008 generasi terbaru (foto : autocar.uk)

Trend pasar SUV dunia sepertinya memang sedang naik daun. Hal ini bisa dilihat dari menurunnya pasar MPV dunia dan menyebabkan beberapa pabrikan mulai memproduksi mobil dengan model SUV. Tampilan mobil yang gagah dan lebih berotot, dengan daya jelajah lebih luas tampaknya memang lebih menarik daripada bentuk MPV yang biasa-biasa saja. Salah satu pabrikan yang tergiur oleh nilai keuntungan yang bisa didapatkan dari trend pasar SUV ini adalah Peugeot.

Peugeot baru saja merilis bentuk terbaru dari Peugeot 5008 yang akan mulai dipasarkan pada tahun 2017. Anda boleh mencoba browsing tentang Peugeot 5008 generasi terdahulunya. Yak, betul! Peugeot 5008 generasi pertama yang diluncurkan tahun 2009 memang berjenis MPV, sedangkan Peugeot 5008 generasi terbaru ini memiliki penampilan khas SUV: gagah dan berotot. Padahal awalnya, Peugeot 5008 adalah sebuah mobil keluarga yang ideal. Konon kabarnya, 5008 yang bertransformasi menjadi sebuah SUV 7 seater ini akan menyasar pasar SUV segmen C yang sudah diisi oleh Land Rover Discovery Sport, Kia Sorento, Hyundai Santa Fe dan Nissan X-Trail. Peugeot 5008 terbaru ini akan tampil pertama kali di depan publik saat Paris Motor Show 2016 berlangsung bulan depan, dan mulai dipasarkan untuk pasar Inggris terlebih dahulu bulan Februari 2017.

Transformasi Total

Kendaraan ini mengalami perubahan total jika dibandingkan dengan generasi terdahulunya. Peugeot 5008 terbaru ini merupakan SUV 7-seater murni yang memang dirancang untuk memuat tujuh orang dewasa tanpa kesempitan. 5008 terbaru lebih panjang 19 cm, wheelbase juga bertambah 16,5 cm, tapi tinggi tetap 1,64 meter. Desain body nya mirip-mirip dengan desain SUV masa kini yang banyak dikeluarkan oleh pabrikan, tampak lebih mengotak dan berkurangnya garis lengkung atau hilangnya desain membulat seperti di seri yang lain.

SUV 7 seater murni, lebih panjang dari generasi terdahulunya (foto : autocar.uk)
SUV 7 seater murni, lebih panjang dari generasi terdahulunya (foto : autocar.uk)

Nuansa futuristik dihadirkan di dalam kabin, dengan mengaplikasikan teknologi Peugeot i-Cockpit berupa penampilan grafis yang canggih dengan tambahan animasi yang ditayangkan pada layar berukuran 12,3 inchi di panel instrumen dan monitor layar sentuh 8 inchi di konsol tengah. Fitur ini menjadi highlight interior dan sudah standar di seluruh varian.

interior bernuansa futuristik (foto : autocar.uk)
interior bernuansa futuristik (foto : autocar.uk)

Kursi di setiap baris dapat diatur dengan lima sudut berbeda dan terdapat isofix tiga titik untuk membawa serta anak-anak. Penumpang belakang diberi soket listrik, tirai dan meja lipat dibalik kursi baris pertama. Kapasitas kargo mudah diatur dengan melipat kursi baris ketiga. Bobot kursi yang kurang dari 11 kg semakin memudahkan proses tersebut.

bagasinya sangat luas (foto : autocar.uk)
bagasinya sangat luas (foto : autocar.uk)

Jika kursi baris kedua dan ketiga dilipat, kapasitas kargo membengkak menjadi 1.124 liter. Apabila menghabiskan seluruh ruang kabin hingga plafon, mampu menampung hingga 1.940 liter. Bahkan masih terdapat ruang 1.060 liter saat kursi baris ketiga saja yang dilipat. Di varian tertinggi juga dilengkapi fitur power back door dengan pengoperasian hanya mengibaskan kaki di bawah bumper belakang.

Mesin Masih Sama

Sektor mesin ternyata tidak mendapatkan perubahan. Masih sama dengan model Peugeot sebelumnya, 5008 terbaru ini akan ditenagai mesin bensin turbocharged dan diesel. Mesin bensin yang terkecil berkapasitas 1200 cc turbo, bisa menghasilkan tenaga hingga 128 Hp dengan dua pilihan transmisi, yakni manual dan otomatis 6-percepatan. Mesin yang lebih besar adalah 1600 cc turbo yang bertenaga 163 Hp dengan pilihan transmisi sama. Untuk pilihan mesin diesel, Peugeot menyediakan mesin berkapasitas 1600 cc bertenaga 99 Hp, dan 2000 cc dengan tenaga 178 Hp. Mesin diesel 2,0-liter berpotensi mengisi trim 5008 GT dengan pilihan transmisi otomatis saja. Perlu diketahui bahwa semua tipe mesin ini hanya menggerakkan roda depan saja, bukan four wheels drive.

mesin tidak mengalami perubahan, masih sama dengan generasi terdahulunya. salah satunya pilihan mesin diesel 1600 dan 2000cc (foto : autocar.uk)
mesin tidak mengalami perubahan, masih sama dengan generasi terdahulunya. salah satunya pilihan mesin diesel 1600 dan 2000cc (foto : autocar.uk)

Untuk fitur keselamatan, mobil ini difasilitasi dengan Automatic Emergency Braking System (AEBS), Distance Alert systems, Active Lane Keeping Assistance (LKA), Driver attention warning, Speed sign recognition dan speed suggestion, Adaptive cruise control with stop feature, Active blind spot monitoring, Park Assist, Visio Park (360° vision), dan Hill Assist Descent Control (HADC). Dengan fitur sebanyak ini, rasanya mobil ini bisa bersaing dengan SUV di segmen C yang lain, apalagi dihadirkan dengan harga yang cukup bersaing, diperkirakan akan berharga 438 juta (dalam Rupiah).

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY