Teknologi Water Injection pada BMW M4 GTS

Teknologi Water Injection pada BMW M4 GTS

836
0
BERBAGI
BMW M4 GTS, salah satu produk 'ngebut' dari divisi M (foto : autoguide.com)

Saat ini semakin banyak teknologi yang dikembangkan untuk meningkatkan performa mobil. Salah satu deretan teknologi terbaru yang sedang banyak dibicarakan adalah water injection atau water boost yang diaplikasikan oleh BMW pada M4 GTS. Betul, water atau air, anda tidak salah membaca. Kedengarannya aneh ya? Saya pun merasa begitu saat pertama kali mendengar istilah ini. Biasanya, kita selalu menghindarkan mesin dari rendaman air karena riskan menyebabkan kerusakan, lah ini malah diinjeksikan air.

Tenang, tentu saja air ini tidak disuntikkan langsung ke dalam ruang bakar, tetapi air murni yang merupakan hasil distilasi ini disemprotkan pada intake manifold untuk menurunkan suhu intake manifold. Dengan turunnya suhu, maka kandungan udara bisa semakin mampat dan kompresi di ruang bakar bisa meningkat. Hal ini tentu akan membuat pembakaran menjadi semakin efisien yang artinya tenaga lebih optimal. Pihak Bosch menjelaskan bahwa sebenarnya teknologi penurunan suhu seperti ini sudah digunakan sebelumnya, namun dengan memanfaatkan bensin bukan air. Jadi selain bensin yang disemprotkan untuk diletupkan di ruang bakar, ada juga sebagian kecil bensin yang disemprotkan hanya untuk diuapkan agar suhunya turun.

Menambah Tenaga, Mengurangi Emisi

Bosch sebagai pionir dalam teknologi ini, pertama kali menyematkan water boost pada BMW M4 GTS untuk menaikkan performa sekaligus meningkatkan efisiensi. Klaim Bosch, tenaga bisa meningkat 5% tanpa harus mengubah kapasitas ruang bakar atau meningkatkan semprotan bahan bakar, juga meningkatkan efisiensi hingga 13% saat berakselerasi atau dalam perjalanan panjang. Dengan menggunakan water injection, mesin 3.000 cc TwinPower Turbo 6 silindernya bisa menghasilkan tenaga sampai 500 Hp dan torsi hingga 600 Nm. Kelebihan lain dari teknologi ini adalah dapat mengurangi CO2 pada gas buang sebanyak 4% karena hasil pembakaran pada mesin yang efektif dan efisien.

Ilustrasi cara kerja water injection (ilustrasi : bmwblog.com)
Ilustrasi cara kerja water injection (ilustrasi : bmwblog.com)

Lalu dari mana uap air yang digunakan itu berasal? Penyulingan water injection M4 GTS diambil dari air yang tertampung di tabung sebesar lima liter (besarnya akan bervariasi) yang berada di sekitar bagasi belakang. Apabila air itu habis, mesin mobil akan tetap bisa beroperasi, hanya saja semburan tenaganya berkurang, dan mesin jadi lebih boros. Untuk perawatan teknologi water injection ini, pemilik kendaraan harus memeriksa jumlah air yang tersisa secara rutin, atau melakukan pengisian ulang setiap 2.896 km.

semoga teknologi seperti ini bisa diaplikasikan pada lebih banyak mobil, tidak hanya pada mobil mahal saja (foto : bmwblog.com)
semoga teknologi seperti ini bisa diaplikasikan pada lebih banyak mobil, tidak hanya pada mobil mahal saja (foto : bmwblog.com)

Rencananya BMW tidak hanya membatasi teknologi ini untuk mobil track focused, namun juga akan memasangnya pada produk massal mulai tahun 2019 nanti. Bentuknya tak akan jauh berbeda dengan water injection lansiran Bosch yang terpasang di M4 GTS saat ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY