KIA Perkenalkan Transmisi Otomatis 8-Percepatan Baru Untuk Mobil Berpenggerak Roda Depan

861
0
BERBAGI

Dewasa ini, banyak produsen otomotif yang mengembangkan transmisi dengan jumlah percepatan yang lebih banyak, seperti Honda maupun Ford yang disebut-sebut mematenkan desain transmisi 11-percepatan untuk mobil lansirannya.

Tak mau ketinggalan, produsen otomotif asal Korea Selatan, KIA, dikabarkan juga membuat transmisi dengan jumlah percepatan yang lebih banyak. Bedanya dari Ford dan Honda, transmisi anyar milik KIA ini ‘hanya’ 8-percepatan otomatis. Lalu, apa keunggulannya?

Bukan Pertama Kalinya

Transmisi otomatis 8-percepatan bukanlah barang baru bagi KIA. Sebelum ini KIA telah memiliki transmisi otomatis 8-percepatan yang dapat kita jumpai pada KIA K900. Lalu, apa bedanya dengan transmisi 8-percepatan terbaru ini? Menurut KIA, transmisi barunya ini dirancang untuk model kendaraan berpenggerak roda depan (front-wheel drive (FWD)). Riset dan pengembangannya pun sudah dimulai sejak tahun 2012 silam.

Ini dia wujud girboks otomatis 8-percepatan terbaru milik KIA (foto: autoindustry)
Ini dia wujud girboks otomatis 8-percepatan terbaru milik KIA (foto: autoindustry)
Uniknya, transmisi ini memiliki dimensi yang sama dengan girboks 6-percepatan konvensional, namun dengan bobot yang lebih ringan 3,7 kg. Fitur pompa minyak pada transmisi ini juga dibuat lebih kompak, bahkan boleh dibilang merupakan yang terkecil dari semua jenis yang ada di kelasnya. Sejumlah keuntungan seperti efisiensi bahan bakar yang lebih baik, perubahan gigi yang lebih pendek, akselerasi cepat, serta performa baik yang dapat diraih pada gigi rendah menjadi klaim KIA atas transmisi baru ini.

Dipasangkan Perdana pada Cadenza

Transmisi terbaru ini akan dipasangkan pertama kali pada model Kia Cadenza 2017 dan akan dijual untuk pasar global. Mesin yang akan mendukung kecanggihan transmisi tersebut adalah mesin bensin berkapasitas 3.300 cc V6 GDI.
Cadenza 2017 akan menjadi mobil KIA pertama yang kebagian transmisi ini (Foto: Carscoops)
Cadenza 2017 akan menjadi mobil KIA pertama yang kebagian transmisi ini (Foto: Carscoops)
Sejumlah mobil KIA lain rencananya juga akan mendapatkan transmisi spesial ini, tentunya model yang berpenggerak roda depan ya!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY