Nissan Luncurkan Pesaing Berat Civic Turbo

Nissan Luncurkan Pesaing Berat Civic Turbo

984
0
BERBAGI
(foto : testdriven.tv)

Nissan sepertinya ingin mengikuti tren pasar otomotif dunia dengan menciptakan sedan bermesin kecil namun bertenaga lumayan besar. Beberapa hari yang lalu, Nissan meluncurkan sedan terbarunya, Nissan Sentra SR Turbo, di gelaran Miami Auto Show. Tentu saja bagi anda yang tumbuh di era tahun 80-90an sudah tidak asing dengan nama Nissan Sentra ini, karena dulu Nissan Sentra memang sempat masuk dan dipasarkan di Indonesia hingga tahun 90an.

Nissan berencana untuk menjadikan Sentra SR Turbo ini sebagai salah satu senjata untuk tetap mempertahankan posisinya sebagai mobil terlaris ketiga di Amerika Serikat, dan sepertinya memang dipersiapkan untuk melawan dominasi Honda dengan Civic Turbonya.

Lebih Bertenaga Daripada Civic Turbo

Nissan Sentra generasi terbaru ini mengusung mesin yang sama dengan Nissan Juke, mesin berkapasitas 1.600 cc direct-injection, turbocharger, empat silinder segaris yang bisa menghasilkan tenaga maksimal 188 Hp dan torsi 240 Nm. Tenaga yang dihasilkan tentu saja lebih besar daripada Honda All New Civic Turbo yang bermesin 1.500 cc empat silinder dan bertenaga 173 Hp dengan torsi 220 Nm. Secara data memang mesin Nissan Sentra SR Turbo lebih unggul daripada mesin Honda All New Civic Turbo.

Mesinnya sama dengan yang dipakai oleh Nissan Juke (foto : autoguide.com)
Mesinnya sama dengan yang dipakai oleh Nissan Juke (foto : autoguide.com)

Nissan menyediakan dua pilihan transmisi, yaitu manual enam kecepatan dan otomatis Xtronic dengan manual mode. Tenaga yang disalurkan melalui dua pilihan transmisi tersebut akan menggerakkan roda depan. Untuk menunjang tenaga yang cukup besar, Nissan juga memperbaiki sektor pendukung lainnya seperti kaki-kaki dan sistem pengereman. Mobil baru ini menggunakan velg ukuran 17 inci dengan ban berukuran 205/50/17, diameter cakram berukuran 11,7 inci pada bagian depan, dan suspensi yang juga turut mengalami penyesuaian untuk memberikan tingkat kestabilan yang lebih baik lagi.

Fitur yang Lebih Canggih

Sentra generasi terbaru ini juga sudah mendapat tambahan beberapa fitur canggih, seperti Blind Spot Warning dan Rear Cross Traffic Alert. Selain itu mobil ini juga dibekali dengan LED headlight accents, side sills, spoiler belakang dengan integrated LED brake light, fog lights, knalpot chrome dan spion dengan LED turn signals, ditambah dengan interior dengan gaya yang lebih sporty.

bentuk khas sedan kompak : sederhana tetapi terlihat bertenaga (foto : autoguide.com)
bentuk khas sedan kompak : sederhana tetapi terlihat bertenaga (foto : autoguide.com)

Jika masuk ke pasar Indonesia, seharusnya mobil ini akan menjadi saingan berat bagi Honda All New Civic Turbo. Tetapi sayangnya kemungkinan besar mobil ini memang tidak akan dimasukkan ke Indonesia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY