Tahun Depan, Nissan Indonesia akan Jual GT-R Terbaru

Tahun Depan, Nissan Indonesia akan Jual GT-R Terbaru

321
0
BERBAGI

Masih ingat dengan Nissan GT-R 2014 satu-satunya yang dimiliki oleh Nissan Indonesia, yang akhirnya laku di gelaran GIIAS 2016 kemarin? Betul, itu memang GT-R satu-satunya, karena Nissan Indonesia memang tidak memiliki banyak stok GT-R. Walau begitu, pihak Nissan Motor Indonesia (NMI) tetap berusaha untuk menghadirkan GT-R karena melihat potensi penjualannya di Indonesia.

General Manager Marketing Strategy NMI, Budi Nur Mukmin menyebut pihaknya akan meramaikan pasar mobil sport dengan memboyong model anyar Nissan GT-R ke Indonesia. “GT-R karena kami sudah memperkenalkan modelnya beberapa tahun lalu, pastinya nanti akan ada penyegaran. Kami melihat di Indonesia meski pasar terbatas tapi GT-R punya nama, punya potensi dan ada rencana GT-R penyegaran,” ujarnya. Budi mengatakan bahwa Nissan GT-R terbaru ini direncanakan datang pada tahun depan. “Ini saya buka saja, yang model terbaru ya. Kami akan usahakan meluncurkan mobil ini tahun depan. Mungkin semester II-2017. Jadi setelah di GIIAS lalu kami jual GT-R (model 2014), ada yang menghubungi dan kami menampung permintaan mereka,” terang Budi.

Jadi Mobil Mewah di Indonesia

Kenapa Nissan Indonesia tidak bisa rutin menyediakan GT-R untuk pasaran Indonesia? Presiden Direktur NMI yang baru, Antonio Zara, pernah mengatakan bahwa GT-R itu seperti barang terlarang karena kapasitas mesinnya berada pada kelompok barang impor yang kena pajak barang mewah (PPnBM) 125%. GT-R setelah masuk ke Indonesia harganya bisa berlipat ganda, hingga mencapai harga jual 3,3 milyar Rupiah, sedangkan di Amerika Serikat GT-R hanya dijual seharga 1 milyar (dalam rupiah, kurang lebih).

setiap mesin GT-R akan mendapatkan emblem berisikan nama orang perakit mesinnya (foto : autoevolution.com)
setiap mesin GT-R akan mendapatkan emblem berisikan nama orang perakit mesinnya (foto : autoevolution.com)

Harga Nissan GT-R di Indonesia memang bisa se-fantastis itu, tetapi GT-R tetap memiliki penggemar fanatik yang siap merogoh koceknya dalam-dalam demi memiliki mobil ini. Sebagai contoh saja, pada tahun 2013 NMI berhasil menjual delapan unit Nissan GT-R, berarti memang masih banyak harapan bagi Nissan untuk menjual GT-R generasi terbaru ini.

Rival Porsche 911 Turbo

Mobil yang mendapat julukan The Godzila ini dikenal sebagai mobil sport bertenaga buas. Generasi terbarunya dibekali mesin V6 3,8 liter twin turbocharged bertenaga 565 Hp dengan torsi maksimum 467 lb-ft. Mesin ini diracik oleh divisi khusus yang diberi nama Nissan Motor Takumi Technician, dan dirakit secara manual menggunakan tangan oleh satu orang, jadi satu orang merakit satu mesin.

Porsche 911 Turbo, rival utama Nissan GT-R (foto : carmagazine.co.uk)
Porsche 911 Turbo, rival utama Nissan GT-R (foto : carmagazine.co.uk)

Di pasaran otomotif global, Nissan GT-R terbaru ini berhadapan langsung dengan Porsche 911 Turbo. Soal spesifikasi, Porsche 911 Turbo berbekal mesin enam silinder 3,8 liter twin-turbo yang sanggup menyemburkan tenaga 532 Hp. Porsche 911 Turbo mampu berakselerasi 0-100 kilometer per jam dalam 3 detik dan kecepatan tertinggi 320 km/jam.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY