Honda Mobilio Raih Skor Mengecewakan Saat Uji Tabrak

626
0
BERBAGI

Semakin banyaknya produksi mobil di dunia membuat para pabrikan terus bersaing memperbaiki kualitas mobil buatannya, termasuk dalam perihal perlindungan terhadap penumpang. Hal ini juga didorong oleh semakin tingginya standar keamanan yang ditetapkan oleh suatu negara untuk sebuah kendaraan.

Salah satu lembaga yang melakukan pengujian tabrak pada kendaraan adalah Global NCAP yang bermarkas di Inggris, dan kali ini Global NCAP baru saja merilis hasil uji tabrak dari Honda Mobilio lansiran India. Mobil yang diuji adalah tipe terendah tanpa airbag.

Hasil Mengecewakan

Seperti bisa kita duga bersama, hasil pengujian terhadap Mobilio ini mengecewakan. Namun sebelum kita menuju pembahasan hasilnya, perlu kami beritahukan terlebih dahulu bahwa kali ini Global NCAP hanya menilai berdasarkan dua kategori saja, yaitu perlindungan penumpang dewasa (adult occupant protection/AOP) dan perlindungan penumpang anak-anak (child occupant protection/COP).

Dalam pengujian terhadap Honda Mobilio tipe standar (tanpa airbag), skor nol bintang didapatkan untuk perlindungan penumpang dewasa dan satu bintang untuk perlindungan penumpang anak-anak. Ketidakadaan airbag dan fitur penunjang keselamatan jelas menjadi faktor utama penyebab skor mengecewakan ini.

Hasil pengujian Honda Mobilio tanpa airbag (Foto: Global NCAP)
Hasil pengujian Honda Mobilio tanpa airbag (Foto: Global NCAP)

Selain Mobilio tipe terendah, Global NCAP juga menguji Mobilio yang sudah dilengkapi dengan dua airbag. Hasil pengujiannya langsung berubah signifikan. MPV keluaran Honda ini berhasil mendapatkan skor tiga bintang untuk perlindungan penumpang dewasa dan dua bintang untuk perlindungan penumpang anak-anak.

Hasil pengujian Honda Mobilio dengan dua airbag (Foto: Global NCAP)
Hasil pengujian Honda Mobilio dengan dua airbag (Foto: Global NCAP)

Melalui hasil tes tersebut, dapat kita lihat bahwa keberadaan airbag dan fitur lain yang menunjang keselamatan sudah seharusnya menjadi perangkat standar dari suatu mobil. Sayangnya di beberapa negara seperti India dan Indonesia, airbag masih sebatas menjadi pilihan agar harga jual mobil bisa lebih murah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY