Jadi Anggota Gaikindo, Wuling Serius Mau Masuk Pasar Otomotif Indonesia

Jadi Anggota Gaikindo, Wuling Serius Mau Masuk Pasar Otomotif Indonesia

399
0
BERBAGI
(foto : gmauthority.com)

Wuling Motors, merk mobil baru (untuk pasar Indonesia) asal China yang akhir-akhir ini ramai dibicarakan tampaknya memang akan serius masuk ke pasar otomotif Indonesia. Hal ini bisa dilihat dari bergabungnya Wuling secara resmi ke Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo. “Kami merasa terhomat dapat menjadi anggota Gaikindo. Keanggotaan kami di Gaikindo mencerminkan antusiasme kami untuk menjadi salah satu pemain otomotif di Indonesia. Kini kami harus bekerja keras untuk membuktikan kualifikasi kami sebagai anggota Gaikindo serta untuk mencapai visi kami menjadi pesaing yang kuat di industri otomotif Indonesia,” kata Presiden Wuling Motors, Xu Feiyun dalam siaran persnya.

Pihak wuling pun mengaku siap membangun industri otomotif dengan menyediakan produk dan layanan yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat Indonesia. Dengan bergabungnya merek asal Tiongkok ini, Gaikindo pun menyambut baik. “Kehadiran Wuling di Gaikindo akan membuat organisasi menjadi lebih kuat dan akan membuka peluang lebih besar bagi industri otomotif untuk tumbuh,” kata Kukuh Kumara, Sekretaris Jenderal Gaikindo. “Selain itu, kesediaan Wuling untuk berinvestasi di Indonesia membuktikan bahwa Indonesia masih memberikan peluang besar bagi para pemilik brand otomotif untuk berkembang sekaligus menyediakan produk dan layanan yang baik untuk masyarakat,” tambahnya.

Serius Menggarap Pasar Otomotif Indonesia

Saat event GIIAS 2016 lalu Wuling sempat memamerkan dua mobil produksinya, yaitu Hongguang S1 dan Baojun 730 versi setir kiri karena diimpor langsung dari China. Ada selentingan kabar yang mengatakan bahwa kemungkinan besar nama kedua mobil itu akan diganti jika nantinya sudah siap dipasarkan di Indonesia. Partisipasi Wuling di GIIAS ini jadi bentuk representasi pertama Wuling dalam memperkenalkan brand secara langsung kepada masyarakat di Indonesia.

Wuling Baojun 730, tidak seperti mobil China lainnya, sepertinya mobil ini cocok jadi pesaing mobil Jepang (foto : gmauthority.com)
Wuling Baojun 730, tidak seperti mobil China lainnya, sepertinya mobil ini cocok jadi pesaing mobil Jepang (foto : gmauthority.com)

Dua model tersebut rencananya akan siap dijual di Tanah Air pada 2017 mendatang dengan skema CKD, jadi pembuatannya di dalam negeri. Sebagai pendukungnya, Wuling saat ini sedang membangun pabrik dan supplier park yang dijadwalkan beroperasi awal tahun depan. Disebutkan, fasilitas tersebut mampu menyerap 3.000 tenaga kerja.

Wuling Hong Guang S1, Saingan baru Avanza yang tidak boleh diremehkan (foto : carmudi.com)
Wuling Hong Guang S1, Saingan baru Avanza yang tidak boleh diremehkan (foto : carmudi.com)

Sementara peluncuran produk pertama Wuling akan dilakukan di paruh kedua 2017. Di tahun pertama setelah peluncuran model pertama, Wuling membidik target 50 dealer di seluruh Indonesia. Rencananya, mobil MPV produksi Wuling akan dipasarkan di kelas Toyota Avanza. Hmmm… Sepertinya saingan baru Avanza ini tidak bisa dipandang remeh nih. Bagaimana dengan anda? Apakah anda tertarik dengan mobil baru ini? Tuliskan komentar anda pada kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY