VW Dekati Subaru, Belajar Buat Mobil 4WD

VW Dekati Subaru, Belajar Buat Mobil 4WD

523
0
BERBAGI
(foto : subaru.co.uk)

Pabrikan mobil asal Jerman, Volkswagen (VW), mempertimbangkan untuk menambah varian hatchback Golf di pasar Amerika. Varian baru itu akan memiliki sistem pengerak empat roda (4WD). Hal itu disampaikan langsung Hendrik Muth, vice president product marketing and strategy VW belum lama ini. Dia juga mengatakan akan menambah produksi teknologi pintar all wheel drive 4Motion di pabrik Puebla, Meksiko. Kemungkinan besar peningkatan produksi 4Motion termasuk menambah produksi untuk Golf 4WD.

“Setelah peluncuran Alltrack all wheel drive, kemungkinan akan disusul dengan Golf SportWagen dan hatchback Golf R varian all wheel drive. Jadi itu adalah langkah berikutnya yang realistis,” katanya. “Sekarang all wheel drive merupakan bagian dari DNA Volkswagen,” Tambah Muth. Dalam memproduksi dan menghadirkan model baru dengan varian 4WD, VW belajar kepada Subaru. VW menilai produsen mobil asal Jepang itu sukses memperkenalkan semua jajaran produknya yang menggunakan sistem pengerak empat roda. Subaru juga memiliki pengeluaran biaya produksi yang relatif kecil.

VW dan Subaru

Kedua pabrikan mobil yang sudah legendaris ini memang berasal dari negara yang berbeda, dengan latar belakang sejarah yang juga amat sangat berbeda. Tetapi ada satu hal yang membuat mereka sama: VW dan Subaru sama-sama tumbuh besar dengan menggunakan mesin boxer 4-silinder, atau banyak yang menyebut flat-4. Tentu saja mesin yang dibuat oleh VW dan Subaru tidak sama, walaupun sama-sama berkonfigurasi boxer. Bedanya adalah, VW dari dulu memang tidak mengkhususkan diri pada mesin boxer, apalagi saat ini sudah tidak mengusung mesin Boxer lagi untuk mobil-mobil terbarunya, tetapi sekai lagi image VW dan flat-4 nya tidak bisa dihilangkan. Sedangkan Subaru dari dulu hingga sekarang tetap konsisten dengan mesin boxernya.

walaupun sama-sama berbentuk boxer, tetapi mesin subaru ini memiliki detail cara kerja yang berbeda dengan mesin VW (foto : subaru.com)
walaupun sama-sama berbentuk boxer, tetapi mesin subaru ini memiliki detail cara kerja yang berbeda dengan mesin VW (foto : subaru.com)

Beberapa tahun belakangan ini, di beberapa negara terjadi demam yang melanda para penggemar VW tua (dengan mesin boxer). Mereka mengganti mesin mesin standar VW mereka dengan menggunakan mesin boxer bawaan Subaru. Wah! Bahkan sudah ada beberapa produsen sparepart kelas menengah yang mulai menyediakan sparepart untuk mendukung para pelaku engine swap ini. Beberapa website yang berisikan diskusi antar sesama pelaku boxer swaps, istilah untuk engine swap VW ke Subaru, dan referensi spareparts pun mulai dibangun. Sayangnya, engine swap ini akan menghilangkan roh ‘aircooled’ pada VW lawas, tentu saja karena Subaru merupakan mesin berpendingin cairan alias pakai radiator.

ruang mesin VW Type 1 atau VW Beetle lawas ini cukup untuk menampung mesin Boxer Subaru 4 silinder (foto : bowtie6.com)
ruang mesin VW Type 1 atau VW Beetle lawas ini cukup untuk menampung mesin Boxer Subaru 4 silinder (foto : bowtie6.com)

Sepertinya memang antara VW dan Subaru memiliki kedekatan, bahkan hingga ke level penggemarnya. Toh lagipula, untuk urusan all wheels drive Subaru memang sudah jagonya, terbukti di berbagai kompetisi yang diikutinya. Semoga hasil belajar VW kepada Subaru bisa menghasilkan produk-produk yang akan membuat VW semakin melegenda.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY