Toyota Calya VS Mobil Bekas: Pilih Mana?

1596
0
BERBAGI

Belakangan ini kita sering menemukan berita seputar Toyota Calya yang diprediksi bakal menggeser kakaknya: Toyota Avanza. Hal ini disebabkan oleh sejumlah selling point yang dimiliki Calya untuk  membuatnya jadi the next mobil sejuta umat.

Selain harga yang lebih murah dari MPV non LCGC (Low Cost Green Car), beberapa fitur bawaannya juga tergolong lumayan untuk sebuah mobil dengan rentang harga mulai dari Rp 130-150 jutaan. Tapi ada satu pertanyaan yang juga cukup sering menjadi bahan obrolan: Pilih mana, beli Toyota Calya atau mobil bekas dengan harga sama? Untuk membantu menjawab pertanyaan ini, coba kita analisis secara data.

Keuntungan Membeli Toyota Calya

Dengan membeli Toyota Calya, kita akan mendapatkan sebuah mobil MPV baru dengan harga yang lebih terjangkau daripada MPV lainnya yang juga punya kapasitas penumpang 7 orang. Konsumsi BBM-nya pun dijamin irit, karena salah satu regulasi mobil LCGC adalah konsumsi BBM yang setidaknya mencapai 20 km/liter. Tapi perlu diingat, BBM yang digunakan wajib Pertamax ya!

Tampak depan Toyota Calya (Foto: Ototaiment)
Tampak depan Toyota Calya (Foto: Ototaiment)

Selain itu, berhubung Toyota adalah salah satu merek di Indonesia yang punya jaringan purnajual terbesar, maka bisa dipastikan service dan sparepart-nya juga tersedia luas. Harga jual kembali mobil-mobil Toyota pun dikenal stabil. Tentunya poin-poin ini layak jadi pertimbangan kalau kalian tertarik untuk membeli Calya.

Pilihan Lain: Mobil Bekas

Lalu bagaimana dengan mobil bekas? Dengan harga setara Calya, kira-kira mobil bekas seperti apa yang bisa kita beli? Kami sudah mencoba untuk melakukan riset kecil-kecilan melalui beberapa website terpercaya yang kerap berhubungan dengan jual-beli mobil bekas.

Survey yang kami lakukan berdasarkan pada sejumlah website jual beli mobil bekas (Foto: mobilbekas)
Survey yang kami lakukan berdasarkan pada sejumlah website jual beli mobil bekas (Foto: mobilbekas)

Misalkan kita batasi pencarian dengan kisaran tahun 2010-2015, maka kita akan menemukan sejumlah mobil, yang kalau kita mendapatkan dengan kondisi bagus, maka rasa-rasanya lebih menarik untuk membeli mobil bekas daripada membeli sebuah Toyota Calya.

Mitsubishi Mirage bekas bisa jadi pilihan di kelas city car (Foto: Mitsubishi)
Mitsubishi Mirage bekas bisa jadi pilihan di kelas city car (Foto: Mitsubishi)

Ada cukup banyak pilihan yang bisa disesuaikan. Kalau anda tidak terlalu memikirkan urusan akomodasi dan menggunakan mobil sebagai transportasi perkotaan harian, maka city car seperti Nissan March, Mitsubishi Mirage atau sesama mobil Toyota seperti Etios Valco bisa jadi pertimbangan. Kalau mau lebih lega, Toyota Yaris atau Honda Jazz bekas juga bisa menjadi pilihan. Tentunya mobil-mobil ini juga punya nilai lebih daripada Toyota Calya bukan? 

Sesama mobil dari Toyota, yakni Avanza, juga bisa jadi pilihan di kelas MPV (Foto: Toyota)
Sesama mobil dari Toyota, yakni Avanza, juga bisa jadi pilihan di kelas MPV (Foto: Toyota)

Kalau city car dirasa kurang mengakomodasi, pilihan alternatif di segmen MPV juga tersedia lebih variatif, mulai dari Toyota Avanza. Daihatsu Xenia, Nissan Grand Livina ataupun Suzuki Ertiga bekas rasanya layak dipilih. Toyota Innova, Honda Freed ataupun Nissan Serena bekas juga masih masuk di budget seharga Toyota Calya. Selain menawarkan dimensi yang lebih lega, mesinnya pun boleh dikata lebih handal karena memiliki kapasitas yang lebih besar jika dibandingkan dengan Toyota Calya.

Nissan X-Trail lawas cocok banget di budget seharga Calya baru (Foto: carsguide)
Nissan X-Trail lawas cocok banget di budget seharga Calya baru (Foto: carsguide)

Mau yang lebih gagah? Mobil jenis SUV dalam kondisi bekas juga ada yang dijual seharga Toyota Calya baru. Kalian bisa langsung cek harga pasaran Nissan X-Trail ataupun Chevrolet Captiva bekas lansiran 2010-2012. Dengan tampilan yang gagah, mesin dengan performa handal dan fitur yang tak kalah modern, membeli sebuah SUV bekas rasa-rasanya cukup menarik kan?

(Foto: kreditgogo)
Pastikan untuk lebih teliti saat membeli mobil bekas agar tidak bermasalah di kemudian hari (Foto: kreditgogo)

Sebenarnya masih banyak pilihan mobil bekas yang oke punya dan dijual dengan harga setara Toyota Calya baru. Kalian bisa survey sendiri untuk lebih yakinnya. Tapi perlu diingat, membeli sebuah mobil bekas berarti kita perlu ekstra teliti. Kan percuma kalau bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga miring tapi mesin, kaki-kaki, fitur, ataupun eksterior-interiornya bermasalah.

Perlu komitmen lebih dalam merawat mobil bekas (Foto: boobrok)
Perlu komitmen lebih dalam merawat mobil bekas (Foto: boobrok)

Selain itu kita juga perlu punya komitmen lebih dalam merawat mobil bekas. Karena bagaimanapun juga, sebuah mobil bekas telah melalui masa pemakaian yang lebih lama ketimbang mobil baru. Jadi kalau anda termasuk orang yang kurang perhatian dengan kendaraan pribadi, rasa-rasanya beli mobil bekas justru bisa menambah masalah baru.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY