BMW 320i dengan Mesin Nissan Skyline, Si Pesolek yang Tangguh!

534
0
BERBAGI

Apa jadinya jika menggabungkan keanggunan khas mobil eropa, dengan dahsyatnya kekuatan mesin legendaris dari Jepang? Yak! Jadilah mobil genit yang gemar bersolek, tetapi memiliki dapur pacu yang tangguh.

Adalah Yoga sang pemilik BMW 320i ini, seseorang yang memilih otomotif sebagai hobinya dan sudah menggemarinya sejak lama. Awal keluarnya ide untuk memodifikasi BMW 320i ini bertujuan untuk ikut kompetisi balap drag. Tetapi setelah sekali dua kali dicoba, Yoga ternyata lebih tertarik untuk ikut kontes modifikasi macam Hot Imports Night. Jadilah beberapa ubahan kembali dilakukan kepada BMW ini, mobil jadi makin memiliki aroma balap yang kental, di dunia modifikasi lebih sering disebut racing look.

Mesin Kencang Legendaris

Karena awalnya Yoga sudah merencanakan mobil ini untuk terjun ke dalam dunia drag race, maka sejak awal Yoga sudah memilih mesin kencang berkode RB25DET bawaan Nissan Skyline untuk menggantikan mesin asli BMW 320i. Ketika ditanya kenapa memilih mesin ini, Yoga hanya menjawab karena mesin ini sudah terkenal kencang. Mesin ini didapat Yoga di Jakarta dalam kondisi halfcut, dan tanpa pikir panjang, Yoga pun langsung mengirimnya ke Jogja. Tidak banyak ubahan yang dilakukan oleh Yoga, masih sebatas porting-polish, memakai blow-off Greddy, intercooler Apexi, air filter Apexi, sisanya masih orisinil bawaan RB25DET, termasuk gearbox-nya.

mesin legendaris dari Jepang, RB25DET (foto : ototaiment)
mesin legendaris dari Jepang, RB25DET (foto : ototaiment)

Mobil yang dibangun oleh Yoga sejak tahun 2012 ini juga sudah mendapat ubahan pada kaki-kaki dengan mengganti suspensi dan sistem pengereman standar bawaan BMW 320i dengan menggunakan kaki-kaki bawaan Nissan Skyline. Sektor interior yang sudah terlanjur digarap untuk balap, tetap dibiarkan oleh Yoga, alhasil bagian interior hanya berisi jok driver bermerk Bride dan seat belt 4 titik buatan takata, roll bar custom 6 titik, selebihnya hanya panel dan indikator-indikator yang diperlukan saja.

Masih Memerlukan Beberapa Perbaikan

Walaupun sudah memiliki spesifikasi yang lumayan tinggi, sayangnya mobil ini masih memiliki beberapa kekurangan. Waktu kami melakukan pembuatan video ini, kebetulan setting mesinnya belum dalam kondisi maksimal, jadi belum bisa merasakan tenaga mesin RB25DET yang sebenarnya, dan sayangnya konsumsi BBM-nya malah terbilang boros sekali. Hmmm… Semoga Yoga dan mekaniknya segera bisa menemukan setting-an yang terbaik untuk mesin ini.

walaupun sudah terlihat sempurna, tetapi project terus berjalan (foto : ototaiment)
walaupun sudah terlihat sempurna, tetapi project terus berjalan (foto : ototaiment)

Selain itu, kebetulan radiatornya jg mengalami trouble, jadi beberapa kali kegiatan shooting harus berhenti untuk memeriksa ulang air radiatornya, kami takut jika lalai dan terjadi overheating. Selain memperbaiki beberapa kekurangan dari mobil ini, Yoga juga berencana untuk mengubah konsep mobil ini untuk mengikuti kontes-kontes modifikasi selanjutnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY