Benarkah Toyota Akan Luncurkan Avanza Transmover?

Benarkah Toyota Akan Luncurkan Avanza Transmover?

998
0
BERBAGI
Avanza tetap menjadi raja dalam bidang penjualan (Foto: Toyota)

Toyota nampaknya masih ‘penasaran’ dan belum bisa ‘move on’ dari salah satu mobil terlarisnya di Indonesia: Avanza. Jika sebelum ini kita melihat penampakan Avanza Veloz Tigre di GIIAS 2016 dan digadang-gadang mempunyai kans besar untuk segera masuk tahap produksi, kali ini muncul berita baru lagi mengenai kendaraan yang telah bertahun-tahun meraih predikat mobil sejuta umat itu.

Berita yang dimaksud adalah munculnya nama varian baru dari Avanza dalam catatan database Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor (TPT) Kementerian Perindustrian RI dan lampiran Kementerian Dalam Negeri. Melalui database tersebut, PT Toyota Astra Motor (TAM) diduga akan melepas varian baru bernama Avanza Transmover berkapasitas 1.3 L dengan transmisi manual. Wuih. Apa lagi ini?

Masih Rahasia, Tapi Sudah Ada NJKB-nya

Terkait hal ini, pihak TAM melalui Rouli Sijabat selaku PR Manager masih enggan berkomentar banyak. Menurutnya, TAM berkomitmen untuk terus merawat pertumbuhan pasar otomotif nasional dengan selalu menyiapkan penyegaran pada berbagai model-model yang dipasarkan di Indonesia. Jika menengok data TPT Kemenperin, Avanza Transmover ini masih menunggu turunnya izin uji tipe kendaraan, jadi masih belum bisa diprediksi pula kapan peluncurannya.

Veloz Tigre adalah salah satu varian rekaan Toyota pada salah satu mobil andalannya: Avanza (Foto: Tribun)
Veloz Tigre adalah salah satu varian rekaan Toyota pada salah satu mobil andalannya: Avanza (Foto: Tribun)

Meski TAM masih berahasia mengenai varian barunya ini, namun dalam lampiran Permendagri No.72 tahun 2016, Perubahan Atas Permendagri No. 12 Tahun 2016, tentang Penghitungan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor Dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor Tahun 2016, tercatat bahwa Nilai Jual Kendaraan Bermotor (NJKB) senilai Rp 126 juta rupiah, dan Dasar Pengenaan Pajak Kendaraan Bermotor (DP PKB) Rp 132,3 juta sudah diperoleh oleh Avanza Transmover ini.

Target Konsumen

Salah seorang sumber kami mengungkapkan kemungkinan Avanza Transmover untuk digunakan sebagai  varian khusus dijual fleet (keperluan bisnis). Selain itu, masih ada kemungkinan lain yang bisa dibidik, yakni sebagai kendaraan untuk taksi online. Dengan kapasitas mesinnya yang 1.300 cc, maka Avanza Transmover ini jelas lolos syarat yang ditentukan oleh pemerintah sebagai mobil untuk taksi online.

Inilah data yang tercantum di situs TPT Kemenperin (Foto: Ototaiment)
Inilah data yang tercantum di situs TPT Kemenperin (Foto: Ototaiment)

 

Meski begitu, sebagai kendaraan yang menyasar segmen fleet, harus diingat bahwa besar kemungkinan fitur-fitur bawaan dalam hal kenyamanan dan hiburan bakal terpangkas. Maklum, namanya juga untuk keperluan bisnis atau niaga. Asal jangan fitur keselamatan yang dipangkas habis ya, Toyota!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY