Toyota Pamerkan Yaris WRC di Paris Motor Show

Toyota Pamerkan Yaris WRC di Paris Motor Show

438
0
BERBAGI
(foto : toyotagazooracing.com)

Setelah 17 tahun absen dari ajang reli dunia, Toyota berencana akan kembali mengikuti ajang WRC pada tahun 2017 nanti dengan mengandalkan Toyota Yaris. Mobil ini diluncurkan dan dipamerkan oleh Toyota di ajang pamerang otomotif bertaraf internasional, Paris Motor Show 2016. Mobil balap ini adalah hasil kerja yang dilakukan oleh Toyota Gazoo Racing (sama dengan yang menggarap Toyota Hilux untuk gelaran reli Dakar 2017) WRC Rally Team dan Toyota Motorsport GmbH (TMG).

Mengisi kabin driver mobil balap ini, Toyota Gazoo Racing menggandeng Tommi Makinen untuk mengendalikan city car ini. Tetapi tidak hanya menjadi driver, bersama Team Principal Tommi Makinen Toyota Gazoo Racing mengoperasi karakter si hatchback mungil ini untuk bertransformasi menjadi mesin balap paling buas yang bakal ikut serta dalam laga paling bergengsi WRC 2017 nanti. Mobil andalan Toyota ini akan bersaing dengan Citroen C3 WRC, Volkswagen Polo, Ford Fiesta dan Hyundai i20 di kompetisi balap tersebut.

Mesin Kecil tapi Galak

Demi meraih podium teratas, Toyota tidak mau main-main dengan mainan barunya ini. Seperti yang ditampilkan pada situs resmi Toyota Gazoo Racing, Toyota Yaris WRC ini menggendong mesin 4 slilinder turbocharged dengan air restrictors besar yang hanya berkapasitas 1.600 cc. Namun mesin ini kabarnya sanggup mengeluarkan tidak kurang dari 380 Hp ke semua rodanya. Semua roda? Yak! Yaris ini All Whells Drive. Untuk mendukung kinerja mesin, Toyota menyematkan ban pacul yang mempu melibas segala medan jalan.

Tommi Makinen menjadi pengendali Toyota Yaris WRC (foto : zimbio.com)
Tommi Makinen menjadi pengendali Toyota Yaris WRC (foto : zimbio.com)

Sedangkan jika dilihat dari luar, mobil ini tampak agresif, apalagi dengan pemasangan fender berukuran besar, air dam, side sills, dan spoiler belakang besar. Bagian bodi didominasi oleh warna putih kemudian untuk memberikan kesan sporty ditambahakan warna merah dan hitam yang didesain meruncing pada ujungnya.

Kerjasama dengan Microsoft

Pada kesempatan yang sama, Toyota juga menggumumkan kerjasama dengan Microsoft. Perusahaan raksasa teknologi itu nantinya membantu Toyota dalam mengembangkan platform analisis data, membuat sistem berbagi informasi, dan meningkatkan komunikasi dengan penggemar melalui cloud dan perangkat Microsoft.

Toyota menjalin kerjasama dengan Microsoft untuk kompetisi ini (foto : autocar.co.uk)
Toyota menjalin kerjasama dengan Microsoft untuk kompetisi ini (foto : autocar.co.uk)

Lalu apakah kerja keras Toyota beserta partner dan team nya ini nanti akan membuahkan hasil yang memuaskan? Kita tunggu saja laga Totota pada seri WRC tahun depan. Semoga sukses untuk Toyota!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY