Toyota dan Daihatsu Akan Bentuk Perusahaan Baru Untuk Buat Mobil Murah

Toyota dan Daihatsu Akan Bentuk Perusahaan Baru Untuk Buat Mobil Murah

400
0
BERBAGI
(foto : response.)

Untuk pasar mobil kelas menengah di Indonesia, duet Toyota dan Daihatsu tentu saja sudah tidak bisa diragukan lagi. Di negeri ini mereka berdua tampak tangguh dengan produk yang merajalela di jalanan, mulai dari Avanza-Xenia hingga kendaraan LCGC seperti Agya-Ayla, juga Calya-Sigra menjadi ujung tombak penjualan Toyota dan Daihatsu, sekaligus menjadi salah satu motor penggerak utama industri otomotif nasional. Sepertinya berkaca pada keberhasilan Toyota-Daihatsu di pasar negara berkembang seperti Indonesia ini, kedua pabrikan tersebut berinisiatif untuk membuat perusahaan internal yang akan mengurus segala hal yang berbau mobil compact, di negara-negara berkembang.

Seperti yang kita tahu, beberapa saat yang lalu Daihatsu sudah resmi diakuisisi oleh Toyota, sehingga kini Daihatsu berada di bawah naungan Toyota. Lalu nantinya, perusahaan baru yang akan dibentuk oleh Toyota-Daihatsu ini direncanakan akan memproduksi mobil kecil dengan harga terjangkau. Dalam rilis resmi Toyota dikatakan, produknya nanti akan menggabungkan berbagai elemen dari Toyota, dan anak perusahaannya, Daihatsu. Perusahaan ini akan mulai beroperasi Januari 2017 yang akan datang, dan nantinya akan dipimpin oleh Daihatsu.

Memanfaatkan Keahlian Daihatsu

Perusahaan baru ini akan memanfaatkan keahlian Daihatsu membuat kendaraan compact yang terjangkau. Daihatsu juga akan menjalankan proses pengadaan dan persiapan produksi untuk mobil yang nantinya akan berbasis arsitektur Daihatsu New Global Architecture, yang ditargetkan akan memiliki efisiensi BBM dan pengendaraan yang terbaik, selain tentunya akan memiliki nilai jual yang terjangkau. Daihatsu sendiri di Jepang sudah terkenal dengan produk-produk kei car-nya yang begitu populer di kalangan masyarakat Jepang.

salah satu kei car produksi Daihatsu, Mira Cocoa (foto : topgear.com)
salah satu kei car produksi Daihatsu, Mira Cocoa (foto : topgear.com)

President Daihatsu, Masanori Mitsui menyatakan bahwa pihaknya akan semakin maju dalam membuat mobil kecil, sekaligus bisa menjadi bagian dari kekuatan Toyota. “Bagi Daihatsu ini merupakan sebuah kesempatan untuk perkembangan yang lebih besar dan berkesinambungan,” tegasnya.

Toyota Pixis Joy, kei car yang dibuat oleh Daihatsu untuk Toyota (Foto: Toyota)
Toyota Pixis Joy, kei car yang dibuat oleh Daihatsu untuk Toyota (Foto: Toyota)

Lalu apa untungnya untuk Toyota? sedikit mengejutkan karena di dalam rilis tersebut Shigeki Terashi sebagai Toyota Executive Vice President mengatakan, “Dengan didirikannya perusahaan internal ini, Toyota bermaksud untuk mempelajari hal-hal fundamental yang membuat Daihatsu begitu kompetitif, dan mengubah cara kerja kami”. Selain itu, dengan adanya perusahaan ini, Toyota dan Daihatsu akan memiliki kewajiban untuk saling berbagi dalam hal formulasi produk dan bisinis, sekaligus berbagi tempat produksinya. Hmmm.. Kira-kira seperti apa kinerja dan produknya nanti? Kita lihat saja.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY