Toyota Vios Terbaru Meluncur di Malaysia, Indonesia Kapan?

Toyota Vios Terbaru Meluncur di Malaysia, Indonesia Kapan?

454
0
BERBAGI
Toyota Vios facelift (Foto: Paultan)

Toyota Malaysia baru saja meluncurkan Vios terbaru pada hari Selasa (4/10) lalu. Sebelum ini, spyshot mobil ini telah banyak beredar dan unitnya sudah bisa dijumpai di dealer. Untuk pasar Malaysia, sedan yang berbagi segmen dengan Honda City dan Suzuki Ciaz ini dijual dengan harga mulai dari 76.500 Ringgit Malaysia atau sekitar Rp 240 jutaan.

Lalu bagaimana dengan di Indonesia? Seperti kita tahu, pasar sedan dalam negeri masih tergolong lesu dan kalah bersaing jika dibandingkan dengan model low MPV berkapasitas 7 penumpang. Meski demikian, disinyalir Toyota Indonesia akan meluncurkan juga Vios terbaru ini dalam waktu dekat.

Ubahan yang Ada

Sambil menunggu kepastian mengenai kehadiran Vios di Indonesia, mari kita tengok sebentar Vios yang hadir di Malaysia. Berhubung Vios terbaru ini berstatus facelift, maka ubahan pada sektor eksterior dan interiornya tak terlalu banyak berbeda. Kelengkapan yang diberikan meliputi lampu depan halogen, LED daytime running light, pelek berukuran 15 inci, fitur keyless entry, push start button, headunit 2-DIN dengan konektivitas bluetooth, empat speaker, dan lampu iluminasi di bagian bawah.

Interior Toyota Vios Facelift (Foto: Paultan)
Interior Toyota Vios Facelift (Foto: Paultan)

Nilai lebih daapt ditemukan pada fitur penunjang keselamatannya yang kini telah dilengkapi oleh Vehicle Stability Control (VSC) dan traction control pada semua tipe. Sedangkan untuk fitur keselamatan standarnya antara lain: dual airbag, sistem pengereman dengan anti-lock braking system (ABS), electronic brake distribution (EBD), brake assist (BA), serta Isofix.

Mesin dari Keluarga NR

Sementara untuk urusan mesin, Vios versi Malaysia tak berbeda dengan versi yang meluncur di Thailand, yakni dibekali mesin berkode 2NR-FE yang juga dipakai Sienta. Mesin berkapasitas 1.500 cc ini menggantikan mesin lama berkode 1NZ-FE dan telah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Sayangnya, mesin baru pada Vios ini justru memiliki tenaga yang lebih kecil, yakni 107 PS dan torsi 140 Nm. Padahal dengan mesin lamanya, Vios memiliki tenaga hingga 109 PS dan torsi 141 Nm.

Mesin Toyota Sienta Berkode 2NR-FE yang diproduksi di Karawang (Foto : Ototaiment)
Mesin Berkode 2NR-FE yang juga dipakai oleh Sienta (Foto : Ototaiment)

Untuk transmisinya, tersedia pilihan transmisi continously variable transmission (CVT) yang bisa mengatur 7-percepatan Sport Sequential Shiftmatic dalam mode manual dan manual 5-percepatan seperti Vios terdahulu. Selain itu, dengan paket sistem gerak terbarunya, Vios diklaim lebih irit 18 persen dari sebelumnya.

Harga

Toyota menjual Vios dalam enam varian: 1.5 J manual, 1.5 J CVT, 1.5 E CVT, 1.5 G CVT, 1.5 GX CVT, dan 1.5 TRD Sportivo CVT. Sedangkan untuk harganya, mobil ini dibandrol mulai dari 76.500 Ringgit Malaysia (Rp 240,6 juta) hingga 96.400 Ringgit Malaysia (Rp 303,2 juta). Harga ini ternyata lebih murah 1.480 Ringgit Malaysia (Rp 4,6 juta) sampai 3.680 Ringgit Malaysia (Rp 11,5 juta) daripada Vios lama.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY