5 Tips Menjual Mobil Agar Harganya Tetap Tinggi

504
0
BERBAGI

Ada banyak sekali alasan yang menyebabkan orang ingin menjual mobilnya. Satu yang pasti, kami yakin anda tidak ingin harga jual mobil anda jatuh saat dijual. Oleh karena itu, kami akan memberikan lima tips yang bisa anda lakukan agar harga mobil anda tidak turun terlalu tajam.

1. Periksa Kondisi Mobil Anda 

Penting untuk membuat kondisi dan penampilan mobil anda menjadi prima saat dijual, baik mesin, bodi, atau kaki-kaki. Lebih baik lagi kalau membuat mobil anda menjadi siap pakai bagi orang lain, sehingga para calon pembeli mobil bekas anda tidak akan kecewa. Lakukanlah perawatan terlebih dahulu, misalnya mengganti oli atau melakukan tune-up mesin sesuai dengan kebutuhan. Beberapa fitur penting seperti AC, audio, power steering, power window dan central lock sebaiknya berfungsi dengan baik karena hal tersebut biasanya sering menjadi perhatian para calon pembeli mobil bekas.

2. Bersihkan Mobil Bekas Anda

Mobil yang bersih dan rapi pasti akan lebih menarik minat calon pembeli. Lagipula mobil yang bersih akan menimbulkan anggapan bahwa sang pemilik adalah seseorang yang sangat perhatian dan merawat mobilnya. Anda bisa membawa mobil ke tempat pencucian dan salon mobil kepercayaan anda, maupun membersihkan sendiri jika punya waktu luang dan paham caranya. Untuk eksterior, akan lebih baik lagi bila anda memoles bodi mobil anda menggunakan wax agar warna cat mobil bisa keluar lagi dan akan lebih halus jika dipegang. Jangan lupa untuk memperhatikan bagian interior mobil. Anda bisa menggunakan vacuum cleaner untuk menghilangkan kotoran dan debu. Lalu setelah bersih, tambahkanlah pewangi interior mobil agar calon pembeli anda semakin tertarik kepada mobil anda.

3. Survey Harga Pasaran Mobil Bekas

Setelah mobil anda benar-benar siap jual, lakukanlah riset kecil-kecil tentang harga mobil bekas. Mulai dari iklan media cetak, showroom mobil bekas, hingga iklan online di internet. Biasanya pasaran harga di media cetak dan online agak sedikit berbeda, begitu juga dengan harga di showroom mobil bekas. Jika anda sudah mengetahui berapa harga pasaran mobil tersebut, anda bisa menentukan harga mobil anda dengan mempertimbangkan modal perbaikan dan perawatan yang telah dilakukan. Tentukan harga tertinggi sebagai antisipasi penawaran calon konsumen.

4. Menentukan Cara Menjualnya

Setelah survey harga, anda bisa menentukan cara menjualnya. Anda bisa mempromosikannya melalui internet, media cetak, memajangnya di pinggir jalan, atau bisa juga dengan mengikuti bursa mobil bekas. Kami menyarankan, akan lebih baik kalau anda menjual sendiri mobil anda kepada pemakai berikutnya tanpa melewati calo. Sebaiknya hindari juga menjual mobil anda ke showroom mobil bekas, karena pemilik showroom pasti akan menawar mobil anda dengan harga yang terendah. Silahkan anda tentukan strategi penjualannya berdasarkan kebutuhan dan waktu luang anda.

5. Menjelaskan Dengan jujur tentang Kondisi Mobil

Tips yang terakhir ini memang tidak banyak dipakai oleh para penjual mobil bekas, karena para penjual tidak ingin harga mobilnya jatuh jika kondisi mobilnya jelek. Sebaiknya memang anda menjelaskan secara detail dan jujur tentang kondisi mobil anda kepada calon pembeli. Misalnya, ada kekurangan apa saja di bagian mesin, atau tentang asuransi dan segala dokumennya. Percayalah, penjual yang jujur pasti akan mendapat berkah sesuai dengan kejujurannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY