Mazda MX-5 RF Mulai Diproduksi, Eropa dan Amerika Utara Jadi Pasar Pertamanya

Mazda MX-5 RF Mulai Diproduksi, Eropa dan Amerika Utara Jadi Pasar Pertamanya

343
0
BERBAGI
Mazda MX-5 RF mulai diproduksi (Foto: Carbay)

Masih ingatkah Anda pada Mazda MX-5 RF yang tampil memukau di New York International Auto Show bulan Maret 2016 silam? Mobil yang memiliki kepanjangan Retractable Fastback pada kata RF di belakangnya ini sekarang dikabarkan telah mulai masuk tahap produksi di Jepang.

Roadster baru andalan Mazda ini nantinya akan menjajal terlebih dahulu peruntungannya di pasar Eropa dan Amerika Utara sebelum memuaskan penggemar di tanah kelahirannya, Jepang. Seperti apa ya versi produksinya ini? Mari kita simak bersama-sama!

Retractable Fastback

Sebagai penyegar ingatan dan jika saja Anda bertanya-tanya apa maksud dari Retractable Fastback pada Mazda MX-5 RF ini, itu adalah penanda bahwa MX-5 terbaru ini merupakan roadster atap terbuka dengan mekanisme seperti Porsche Targa.

Retractable Fastback ala Porsche Targa (Foto: Carbay)
Retractable Fastback ala Porsche Targa (Foto: Carbay)

Jadi Anda hanya perlu menyentuh tombol saja, maka dalam waktu 12 detik atapnya akan terbuka dan ‘dilipat’ masuk ke bagian belakang mobil (belakang bangku penumpang belakang). Anda juga dapat melipat atapnya saat berjalan, dengan catatan kecepatan mobil tidak lebih dari 20 km/jam.

Pilihan Mesin dan Harganya

Seperti halnya Mazda MX-5 yang beratap soft top, Mazda MX-5 RF hadir dalam dua pilihan mesin, yakni 1.500 cc dan 2.000 cc 4-silinder. Sayangnya, untuk pasar Amerika Utara hanya tersedia pilihan mesin 2.000 cc saja. Sementera untuk transmisinya, tersedia pilihan manual dan otomatis 6-percepatan.

Untuk pasar Amerika Utara hanya tersedia 1 pilihan mesin (Foto: Auto.de)
Untuk pasar Amerika Utara hanya tersedia 1 pilihan mesin (Foto: Auto.de)

Sekarang mari kita bicara harganya. Mobil ini memiliki beberapa pilihan harga, mulai dari versi Launch Edition yang ditawarkan dalam edisi terbatas 1.000 unit saja, harganya mencapai USD 33.850 atau sekitar Rp 440 Juta untuk transmisi manual dan Rp 450 Jutaan untuk transmisi otomatis. Keistimewaan versi Launch Edition adalah tersedia dalam warna eksklusif Machine Gray dan pelapis interior kulit Auburn Nappa yang tidak akan Anda jumpai pada edisi lain.

Mazda MX-5 RF saat diproduksi di Jepang (Foto: Auto.de)
Mazda MX-5 RF saat diproduksi di Jepang (Foto: Auto.de)

Sedangkan Mazda MX-5 RF Club dijual seharga USD 31.555 atau sekitar Rp 410 Jutaan dan varian Grand Touring dibandrol seharga USD 32.260 atau Rp 419 Jutaan. Keunikan varian Club ada pada kombinasi pelek BBS dan rem Brembonya, sedangkan varian Grand Touring mendapatkan interior berlapis kulit serta fasilitas audio lansiran BOSE.

Kira-kira bakal masuk Indonesia tidak ya?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY