Tak Lagi Menguntungkan, Ford Australia Menutup Pabriknya

Tak Lagi Menguntungkan, Ford Australia Menutup Pabriknya

338
0
BERBAGI

Pabrikan Ford di Australia memproduksi mobil terakhir mereka pada akhir pekan kemarin. Hal ini menandai berakhirnya masa produksi pabrik Ford di Australia setelah berumur 91 tahun. Ford menutup pabrik mereka di Broadmeadows dan Geelong di negara bagian Victoria. Pihak Ford sebenarnya sudah mengumumkannya sejak tiga tahun lalu bahwa mereka akan menghentikan produksi kendaraan di pabrik Australia karena kurang menguntungkan. Keputusan tersebut diikuti dua pembuat mobil lainnya, antara lain pabrik Holden milik General Motors dan Toyota yang akan menghentikan produksi pada 2017.

Ketiga perusahaan besar itu menyebut beberapa faktor yang membuat mereka menutup pabrik, antara lain kekuatan dolar Australia dan pasar otomotif yang semakin ketat. Mitsubishi bahkan sudah menutup pabrik di Adelaide sejak 2008. “Hari ini adalah hari yang emosional bagi seluruh tim Ford Australia,” kata CEO Ford Australia, Graeme Whickman yang kemudian menambahkan bahwa perusahaan tersebut telah membantu sekitar 1.200 pekerja dalam tiga tahun terakhir.

Ford Australia Tetap Berjalan

Berbeda dengan Ford Motor Indonesia yang angkat kaki dari Indonesia, Ford Australia memang menutup pabriknya, tetapi walaupun produksi berhenti, kegiatan penjualan Ford di Australia tetap berjalan. Unit yang akan dijual diimpor langsung dari Thailand. Paling tidak, lewat kegiatan ini, Ford Australia masih mempekerjakan sekitar 1.500 orang.

sedan Falcon terakhir sedang dalam tahap perakitan (foto : roadandtrack.com)
sedan Falcon terakhir sedang dalam tahap perakitan (foto : roadandtrack.com)

Lalu bagaimana dengan para pekerja yang tadinya bekerja di pabrik? Dave Smith, dari Serikat Pekerja Manufaktur Australia mengatakan, ini memang menjadi pukulan berat bagi 600 orang pekerja yang akan menganggur mulai hari Senin, 10 Oktober 2016 kemarin. Ford Australia hanya bisa menyelamatkan 160 karyawan yang ditransfer ke bagian pusat riset dan pengembangan di Victoria. Tetapi walau begitu, ia pun mengakui bahwa Ford sudah menangani masalah itu dengan baik. Dave menambahkan bahwa semua pekerja telah bekerja keras untuk mobil Ford pabrikan Australia, semua mobil tak akan bisa diproduksi tanpa adanya mereka.

Sudah Menghasilkan 4,3 Juta Unit Mobil

Sejak pertama kali dioperasikan pada tahun 1925, pabrik Ford di Broadmeadows sudah memproduksi total lebih dari 4,3 juta unit mobil. Kebanyakan model yang diproduksi adalah sedan Falcon dengan jumlah sekitar 3,8 juta unit, selain itu Ford juga melahirkan Falcon Ute dan SUV Territory. Sebagai penghormatan, unit terakhir yang dibuat yaitu Falcon XR6 berwarna biru terang. Unit spesial ini tidak dijual tetapi bakal dipamerkan untuk kenangan.

Ford Falcon terakhir diproduksi tanggal 7 Oktober 2016 (foto : twitter @FordAustralia)
Ford Falcon terakhir diproduksi tanggal 7 Oktober 2016 (foto : twitter @FordAustralia)

Dave Smith juga mengatakan, “Ford adalah merek ikonik, mereka telah membangun mobil klasik selama bertahun-tahun dan orang benar-benar merasa menjadi bagian dari itu. Dan tentu saja mobil-mobil tidak bisa dibangun tanpa mereka. Mereka dan keterampilan mereka. Jadi itu adalah hari yang sangat menyedihkan.”

Wah, sayang sekali ya. Bagaimana masalah ini menurut Anda? SIlahkan sampaikan di kolom komentar.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY