Taksi Online Dilarang Pakai LCGC, Avanza Transmover akan Diluncurkan, Nissan March Terbaru

684
0
BERBAGI

1. Renault Trezor Meluncur di Paris Motor Show 2016

Renault memukau pengunjung Paris Motor Show dengan meluncurkan Trezor, sebuah mobil konsep dengan desain dan fitur-fitur yang futuristis. Selain tampil dengan desain unik, Renault Trezor Concept juga memiliki desain pintu atap atau canopy doors. Hal ini membuatnya menjadi satu-satunya mobil konsep yang memiliki pintu atap di gelaran Paris Motor Show 2016. Mobil bertenaga listrik dengan fitur autonomous ini dilengkapi dengan mesin yang diambil dari mobil formula E yang disebut mampu menghasilkan tenaga hingga 350 hp dan torsi puncak 380 nm. Meski belum diketahui kecepatan puncak yang bisa diraih mobil ini, namun akselerasi dari 0-100 km/jam dapat dicapai dalam waktu empat detik saja.

2. Nissan March Terbaru tampil di Paris Motor Show

Tak hanya Renault Trezor yang memukau di Paris Motor SHow karena Nissan juga punya March terbaru di ajang ini. Mobil yang lebih dikenal dengan nama Nissan Micra di Eropa ini mendapat ubahan yang cukup drastis dengan mengambil konsep Nissan Sway. Secara dimensi, mobil ini juga makin besar dengan panjang 3,9 m, lebar 1,7 m dan tinggi 1,4 m. Generasi kelima dari Nissan March ini disebut akan hadir terlebih dahulu untuk konsumen Eropa pada Maret 2017. Tersedia dua pilihan mesin yang ditawarkan, yakni mesin bensin 900 cc turbo 3-silinder Atau mesin bensin naturraly aspirated 1.500 cc turbo 4-silinder.

3. Toyota Indonesia Akan Luncurkan Avanza Transmover

Toyota Indonesia berencana melepas varian baru bernama Avanza Transmover. Hal ini terungkap dari database Tanda Pendaftaran Tipe Kendaraan Bermotor Kementerian Perindustrian RI dan lampiran Kementerian Dalam Negeri. Dari database tersebut, diketahui bahwa Avanza Transmover berkapasitas mesin 1.300 cc dan ditawarkan dengan transmisi manual. Kabarnya, Avanza Transmover akan diluncurkan bulan November mendatang setelah peluncuran Yaris Facelift. Besar kemungkinan Avanza Transmover diproduksi untuk digunakan sebagai  varian khusus keperluan bisnis ataupun sebagai taksi.

4. Toyota Vios Terbaru Meluncur di Malaysia

Toyota Vios terbaru dikabarkan telah meluncur di Malaysia dengan mesin berkode NR seperti yang digunakan oleh Sienta. Mesin berkapasitas 1.500 cc ini menggantikan mesin lama berkode 1NZ-FE dan telah dilengkapi dengan teknologi Dual VVT-i. Sayangnya, mesin baru pada Vios ini justru memiliki tenaga yang lebih kecil, yakni 107 PS dan torsi 140 Nm. Padahal dengan mesin lamanya, Vios memiliki tenaga hingga 109 PS dan torsi 141 Nm. Toyota menjual Vios terbaru dalam enam varian dan dibandrol mulai dari 76.500 Ringgit Malaysia hingga 96.400 Ringgit Malaysia atau setara dengan Rp 240,6 juta hingga Rp 303,2 juta.

5. Larangan Mobil LCGC Digunakan Sebagai Taksi Online

Melalui Kementerian Perhubungan, Pemerintah melarang mobil yang masuk dalam kategori low cost green car (LCGC) dipergunakan sebagai taksi online. Secara garis besar, semua kendaraan berkapasitas silinder sampai dengan 1.200 cc tidak boleh lagi dipergunakan sebagai angkutan umum. Dasar penetapan aturan ini diambil dari Peraturan Menteri Perhubungan RI Nomor 32 Tahun 2016, tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang Dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek. Di sana dijelaskan bahwa taksi online yang diperbolehkan Kir hanya mobil-mobil yang memiliki kapasitas silinder di atas 1.300 cc. Sosialisasi terkait peraturan ini akan diterapkan mulai bulan Oktober dan akan dilakukan hingga enam bulan kedepan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY