Mazda Indonesia Tutup, Ini Dia Penggantinya

Mazda Indonesia Tutup, Ini Dia Penggantinya

441
0
BERBAGI
Mazda saat muncul di GIIAS 2015 (Foto: Ototaiment)

Sedikit menengok ke belakang, Ford Motor Indonesia pada bulan Januari lalu tiba-tiba mengejutkan publik dengan pernyataannya yang menyebutkan bahwa Ford akan angkat kaki dari Indonesia. Menuai kecaman, Ford Motor Indonesia mengatakan akan menunjuk pihak ketiga sebagai penggantinya di Indonesia: RMA Group.

Hanya berselang sebentar dari penunjukan resmi RMA Group sebagai penyelenggara kegiatan operasional Ford di Indonesia, kali ini giliran Mazda Motor Indonesia (MMI) yang mengumumkan akan mengakhiri kegiatan operasionalnya. Berkaca dari Ford yang sempat ‘panen’ hujatan sejak Januari lalu, MMI ambil langkah strategis yang lebih sigap.

Diambil Alih Eurokars

Meskipun kabar ini sangat mengejutkan dan mendadak, namun MMI mengantisipasi gejolak keresahan konsumen dengan mengatakan bahwa pihaknya telah mendapatkan pengganti yang akan mengambil alih segala kegiatan operasional Mazda di Indonesia.

Nama Eurokars sudah tak asing lagi dengan Mazda (Foto: Inilah)
Nama Eurokars sudah tak asing lagi dengan Mazda (Foto: Inilah)

Pihak pengganti tersebut adalah PT. Eurokars Motor Indonesia yang kedepannya akan memegang distribusi kendaraan, suku cadang, dan segala hal terkait layanan purnajual Mazda di Indonesia. Nama Eurokars sendiri sebenarnya tidak asing bagi Mazda, karena Eurokars selain bertindak sebagai dealer Mazda di Indonesia (sejak 2007) juga menjadi dealer Mazda di Australia dan menjadi distributor kendaraan Mazda di Singapura (sejak 2011).

Mulai Dipegang Eurokars Sepenuhnya Tahun Depan

Pengambilalihan kegiatan operasional MMI sepenuhnya oleh Eurokars akan dilakukan pada bulan Februari 2017 dengan memindahkan 45 dealer atau jaringan distribusi dari yang sebelunya dibawahi oleh PT Mazda Motor Indonesia kepada PT Eurokars Motor Indonesia. Segala jenis layanan purna jual kendaraan Mazda, termasuk yang dijual oleh MMI sebelum pengambilalihan, juga akan menjadi tanggungjawab Eurokars.

Karsono Kwee dan jajaran mobil Mazda yang didistribusikan oleh Eurokars Group (Foto: burnpavement)
Karsono Kwee dan jajaran mobil Mazda yang didistribusikan oleh Eurokars Group (Foto: burnpavement)

Dengan penunjukan Eurokars sebagai pengganti MMI, Executive Chairman Eurokars Group, Karsono Kwee mengatakan bahwa pihaknya ingin menjadikan Mazda sebagai salah satu merek yang paling diminati di Indonesia. Jika selama ini Eurokars dikenal sebagai distributor kendaraan premium lain macam Porsche, Rolls Royce, BMW M dan Maserati, rasanya kita boleh berharap Eurokars akan mendatangkan lini-lini premium Mazda ke Indonesia juga di masa depan. Semoga saja!

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY