Belum Lama Keluar, Civic Turbo Sudah Kena Recall

Belum Lama Keluar, Civic Turbo Sudah Kena Recall

245
0
BERBAGI
Dengan harga yang tergolong tinggi, pembeli tidak akan merasa rugi atas fasilitas yang didapatkan (Foto : Ototaiment)

Belakangan ini rasanya makin banyak saja pabrikan yang mengumumkan recall pada mobil-mobil terbarunya. Mulai dari permasalahan airbag maupun hal-hal lainnya. Kali ini Honda yang terkena permasalahan recall. Belum genap satu tahun dipasarkan, Honda Civic generasi terbaru atau yang biasa kita sebut Civic Turbo baru saja mendapat recall di Amerika Serikat.

Recall yang dilakukan di Amerika Serikat ini berkaitan dengan kerusakan yang terjadi pada VSA (vehicle stability assist) yang mengakibatkan electronic parking brake gagal berfungsi saat tombol diaktifkan. Jumlah total Honda Civic Turbo yang terkena recall ini di Amerika Serikat adalah 350.000 unit mobil.

Awal Mula Recall

Kasus ini muncul akibat laporan dari seorang pemilik Civic Turbo di Amerika Serikat yang membawa mobilnya ke bengkel karena lampu indikator remnya terus menyala. Pihak pabrikan menjelaskan bahwa kesalahan ada pada software VSA yang membuat rem parkir elektronik gagal berfungsi setelah mesin dimatikan.

Meski boleh menggunakan bahan bakar RON 87, apakah Anda tega memberikannya? (Foto: Ototaiment)
Honda Civic Turbo di IIMS 2016 (Foto: Ototaiment)

Jadi walaupun lampu indikatornya berkedip 15 detik, namun sebenarnya rem parkir tersebut tidak berfungsi sama sekali. Pihak pabrikan juga mengkonfirmasi bahwa akan dilakukan perbaikan pada ECU, dengan memperbarui softwarenya. Para pemilik Honda Civic Turbo di Amerika Serikat ini akan mendapatkan undangan recall pada awal bulan November mendatang.

Indonesia Aman?

Lalu bagaimana dengan Honda Civic Turbo yang dipasarkan di Indonesia? Apakah juga akan terkena recall? Jonfis Fandy, Direktur Pemasaran dan Purnajual PT Honda Prospect Motor memastikan bahwa semua Civic Turbo yang terjual di Indonesia tidak akan terkena recall. Jonfis menyatakan bahwa, unit-unit yang terkena recall adalah yang beredar di Amerika Serikat dan Timur Tengah saja.

perbaikan dilakukan dengan cara memperbarui software pada ECU (foto : autoblog)
perbaikan dilakukan dengan cara memperbarui software pada ECU (foto : autoblog)

Honda Civic Turbo di Indonesia aman dari recall karena berbeda negara produksinya. Civic Turbo yang beredar di Indonesia tidak didatangkan dari Amerika Serikat, melainkan didatangkan oleh Honda Prospect Motor dari Thailand. Sampai berita ini ditulis, belum ada laporan tentang adanya korban kecelakaan akibat rusaknya sistem VSA pada Civic Turbo tersebut.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY