Demam Mobil Listrik, Mini Siapkan Countryman Hybrid untuk 2017

Demam Mobil Listrik, Mini Siapkan Countryman Hybrid untuk 2017

281
0
BERBAGI
(foto : topgear.com)

Kita sebagai penggemar otomotif pasti sudah tidak lagi asing dengan mobil bermesin hybrid yang belakangan ini banyak diciptakan oleh pabrikan-pabrikan besar. Salah satu pabrikan yang banyak disorot dalam penciptaan mobil berteknologi hybrid adalah BMW. Nah, buah jatuh tidak jauh dari pohonnya, kali ini yang sedang mempersiapkan mesin hybrid adalah Mini. Betul, tidak lain dan tidak bukan, anak perusahaan dari BMW group penerus generasi tunggangan Mr. Bean yang sudah melegenda, Mini Cooper.

Kabarnya, mobil yang akan dipercaya untuk menggendong mesin hybrid ini adalah Mini Countryman generasi kedua, walaupun Mini sendiri tidak menyebutkannya secara gamblang saat siaran pers nya, namun jika melihat foto-foto yang beredar, mobil yang berbalut kamuflase ini mempunyai bentuk khas Mini Countryman. Mobil ini akan menggendong dua mesin, yaitu mesin konvensional yang bekerja secara bersamaan atau sendiri-sendiri dengan motor listrik untuk menggerakkan mobil, walaupun belum ada penjelasan secara rinci mengenai posisi motor listriknya, apakah di depan, belakang, atau di kedua poros roda.

Pakai Mesin BMW

Dari keterangan yang diberikan, kemungkinan mesin yang akan dipakai oleh Mini Countryman hybrid ini adalah mesin yang sama dengan yang digunakan oleh BMW 225xe. Mesin konvensionalnya berkonfigurasi tiga silinder segaris, 1500cc turbo dengan motor listrik yang ditenagai sebuah baterai 7,7 kwh. Tenaga maksimal yang bisa dikeluarkan adalah 224 Hp dan torsi puncaknya 385 Nm, bisa melaju dengan kecepatan maksimal 202 km/jam.

apa benar Mini Countryman yang akan menggendong mesin hybrid Mini yang pertama? (foto : motor1.com)
apa benar Mini Countryman yang akan menggendong mesin hybrid Mini yang pertama? (foto : motor1.com)

Selain spesifikasi mesin yang sama dengan milik BMW 225xe, para engineer Mini juga sedang mempersiapkan sistem pengaturan eDrive, dan akan memunculkan menu (driving mode) MAX eDRIVE, yang mana jika diaktifkan motor elektrik bisa digunakan hingga menyentuh kecepatan 120 km/jam. Dengan kondisi baterai terisi penuh, mobil ini diklaim dapat menempuh jarak 41 Km. Pada BMW 225xe, pengisian baterai memakan waktu 3 jam dan 15 menit.

Lebih Penting Handling, Bukan Kecepatan

Tujuan utama diciptakannya Mini bermesin hybrid ini bukan saja untuk mengejar kecepatan, tetapi tetap mengakomodasi handling dan kestabilan saat berkendara. Selama ini Mini terkenal dengan handlingnya yang tajam dan go-kart feeling yang menjadi khasnya, maka para engineernya pun tetap akan mempertahankan dan akan membuatnya semakin mumpuni. Salah satu hal yang sangat dipikirkan adalah membuat distribusi bobot yang baik dengan menempatkan baterai listrik di bawah kursi penumpang belakang.

sebastian mackensen kiri (foto : motor1.com)
Sebastian Mackensen, Head of MINI Brand Management (kiri) (foto : motor1.com)

Sebenarnya masih banyak informasi yang belum dibagikan oleh pihak Mini kepada media, tetapi sejauh ini desain eksterior Mini Countryman hybrid masih akan sama seperti varian-varian yang lainnya. Mungkin Mini akan melakukan perubahan seperti pada instrument cluster, hingga pencahayaan pada tombol start/stop. Kabar yang beredar sih, mungkin mobil ini akan dijual pada 2017, dan akan menjadi model hybrid pertama yang dibuat oleh BMW dengan harga terjangkau. Mari kita tunggu saja kehadirannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY