Benarkah Apple Urungkan Niat Untuk Membuat Mobil?

Benarkah Apple Urungkan Niat Untuk Membuat Mobil?

445
0
BERBAGI
Apple batal buat mobil sendiri? (Foto: Apple)

Seperti kita ketahui bersama, dua perusahaan raksasa yang lebih dikenal dalam perannya di dunia teknologi, Apple dan Google, disebut-sebut akan ikut meramaikan industri otomotif dengan membuat mobilnya sendiri. Berhubung keduanya terbilang mapan dalam hal teknologi, tak heran banyak kalangan menaruh harap pada mobil buatan kedua perusahaan ini.

Meski demikian, Mobil tanpa sopir buatan Google diketahui telah beberapa kali mengalami kegagalan saat uji coba, termasuk mengalami kecelakaan. Lalu bagaimana dengan Apple? Setelah santer terdengar bahwa mereka tengah mengembangkan mobil otonom untuk tahun 2019, kini beredar kabal bahwa Apple akhirnya menyerah untuk membuat mobil sendiri. Benarkah demikian?

Beralih ke Teknologi Pendukung

Kabar ini disampaikan oleh salah satu sumber Bloomberg yang menyebutkan bahwa manajemen baru yang membawahi divisi proyek otomotif Apple memutuskan untuk mengubah fokus ke teknologi autonomous driving daripada melanjutkan riset pengembangan mobilnya sendiri.

Hampir 1.000 karyawan terpaksa dipindah atau dirumahkan karena batalnya proyek mobil Apple (Foto: Bloomberg)
Hampir 1.000 karyawan terpaksa dipindah atau dirumahkan karena batalnya proyek mobil Apple (Foto: Bloomberg)

Divisi yang dikenal juga sebagai Project Titan ini sebelumnya diketahui telah menambah jumlah tenaga ahli hingga tiga kali lipat yang meliputi para ahli di bidang desain baterai dan otomotif. Namun sejak Apple mengubah arah fokus kerjanya, tercatat hampir 1.000 pekerja di divisi mobil terpaksa dipindahtugaskan atau dilepas dalam beberapa bulan terakhir.

Alasan Apple

Manajemen Apple merasa bahwa pengembangan teknologi otonom dirasa lebih realistis dan memiliki visibilitas, karena Apple jadi lebih fleksibel dalam menjadi rekanan pabrikan otomotif lain. Manajemen internal Apple memberikan tenggat waktu sampai akhir 2017 bagi divisi Project Titan ini untuk membuktikan visibilitasnya mengenai sistem otonomos dan menentukan rencana besarnya pada proyek ini.

Apple akan mengalihkan fokusnya pada teknologi otonom (Foto: Apple)
Apple akan mengalihkan fokusnya pada teknologi otonom (Foto: Apple)

Sebelum Apple mengubah fokus produksinya, Apple merencanakan untuk membuat mobil otonom bertenaga listrik sekaligus menjadi penyedia perangkat lunak (software) bagi automaker lain yang ingin membuat mobil otonom. Hingga saat ini, masih belum ada komentar resmi dari pihak Apple tentang kejelasan Project Titan ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY