Rilis di Indonesia, Renault Kwid di India Justru Kena Recall

Rilis di Indonesia, Renault Kwid di India Justru Kena Recall

371
0
BERBAGI
(Foto : Renault)

Renault Kwid, mobil murah yang diproduksi di India akan resmi rilis di Indonesia pada hari Kamis, 20 Oktober 2016 besok. Tetapi, beberapa hari sebelum resmi rilis di Indonesia malah beredar berita yang mengabarkan bahwa pihak Renault India me-recall 50.000 unit mobil Renault Kwid 800cc. Recall ini juga diberlakukan untuk Datsun Redi-GO, karena kedua merk ini sudah beraliansi dan diproduksi di satu pabrik yang sama.

Recall kedua jenis mobil itu disebabkan karena adanya kerusakan pada saluran bahan bakar, tepatnya pada selang bensin yang dapat menyebabkan gangguan pada suplai bahan bakar. Hmmm… kerusakannya sepele ya. Pihak Renault India memberi keterangan bahwa Kwid yang terkena recall adalah Kwid yang diproduksi antara bulan September 2015 hingga 18 Mei 2016.

Perbaikan Simpel

Kerusakan yang diderita oleh Renault Kwid 800cc ini terlihat sepele, masalah selang bensin. Lalu, solusi perbaikan apa yang ditawarkan oleh Renault India? Pihak Renault India akan menambahkan klip pada selang bahan bakar sebagai tindakan perbaikannya. Selain itu, pihak Renault juga akan mengevaluasi fungsi sistem bahan bakar secara keseluruhan untuk mencegah potensi gangguan pasokan bahan bakar.

kerusakan sepele dengan perbaikan yang simpel. semoga tidak terjadi dengan Kwid yang masuk ke Indonesia (Foto : Renault)
kerusakan sepele dengan perbaikan yang simpel. semoga tidak terjadi dengan Kwid yang masuk ke Indonesia (Foto : Renault)

Untuk perbaikannya, pihak Renault India memberikan jaminan bahwa Renault tidak akan membebankan biaya kepada konsumen. Saat ini, pihak Renault India sudah mulai menghubungi para pemilik Kwid untuk membawa mobilnya ke bengkel resmi terdekat untuk dilakukan pemeriksaan.

Datsun Redi-GO Juga

Seperti yang kita tahu, Nissan dan Renault sudah berafiliasi dan memiliki pabrik di India untuk memproduksi mobil-mobil murahnya, dua diantaranya adalah Renault Kwid dan Datsun Redi-GO. Mengikuti pengumuman recall Renault Kwid, Nissan melalui brand Datsun-nya juga melakukan pengumuman yang sama, yaitu me-recall 932 unit Datsun Redi-GO karena masalah yang sama. Sekedar mengingatkan kembali, Kwid dan Redi-GO adalah dua mobil yang berasal dari platform yang sama.

Redi-GO, mobil yang mempunyai platform sama dengan Kwid pun tidak luput dari recall (foto : zigwheels.com)
Redi-GO, mobil yang mempunyai platform sama dengan Kwid pun tidak luput dari recall (foto : zigwheels.com)

Renault Kwid dan Datsun Redi-GO merupakan dua kendaraan murah yang mempunyai popularitas tinggi di India. Harga yang dibanderol untuk Renault Kwid di India terbilang sangat murah, varian tertingginya saja hanya berharga Rp 80 jutaan. Sedangkan untuk pasar Indonesia, mungkin mobil ini akan diberi harga yang tidak jauh berbeda dengan mobil-mobil LCGC. Tapi sebaiknya anda jangan mengeluh jika misalnya nanti kebetulan anda menemukan kekurangan disana-sini, ya namanya juga mobil murah.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY