Selain Kwid, Renault juga Luncurkan Koleos Terbaru di Indonesia

Selain Kwid, Renault juga Luncurkan Koleos Terbaru di Indonesia

1108
0
BERBAGI
(foto : modifikasi.com)

Tidak hanya meluncurkan mobil murahnya, Renault tampaknya juga ingin menggarap pasar menengah ke atas di Indonesia dengan menggunakan SUV terbarunya, Renault Koleos. Hal ini semakin membuktikan bahwa pasar SUV Nasional dan Internasional memang sedang ramai dan menjadi sasaran empuk bagi para pabrikan untuk memasarkan produknya. Selain Koleos, Renault Indonesia juga memiliki model SUV-nya yang lain, yaitu Renault Duster.

Renault Koleos terbaru ini memiliki beberapa pembaruan yang membuatnya semakin siap bersaing di tengah pasar mobil-mobil sejenisnya di Indonesia yang kita tahu sudah dihuni oleh Honda CR-V, Mazda CX-5, Chevrolet Captiva hingga saudaranya sendiri, Nissan X-Trail. “New Koleos adalah model flagship untuk Indonesia dan telah direkayasa ulang sepenuhnya dengan desain yang agresif, fitur unik dan kemampuan penuh sebuah SUV,” ungkap Serge Yoccoz, Asean Director of Operations Renault.

Menggunakan Sasis X-Trail

Salah satu hal yang menarik dari mobil ini adalah sasisnya yang dibangun dengan platform yang sama dengan Nissan X-Trail. Hal ini wajar saja, karena kedua merk ini memang sudah berada di bawah satu aliansi Nissan-Renault dan diproduksi di satu pabrik. Selain sasis, mesin dan transmisi yang digunakan oleh kedua mobil juga sama persis, 4-silinder 16-katup dengan kapasitas 2500 cc yang bisa mengeluarkan tenaga maksimal 170 hp, sama persis dengan mesin milik X-Trail. Transmisi yang digunakan pun sama, matic CVT dengan teknologi X-Tronic.

Renault Samsung QM5 (foto : youtube)
Renault Samsung QM5 (foto : youtube)

Perbedaan dari kedua saudara ini hanya terlihat dari fisik luarnya, dimensi Koleos sedikit lebih besar dibanding X-Trail. Koleos terbaru ini memiliki kabin yang lapang karena wheelbase 2.705 mm-nya. Tak hanya kabin penumpang, ruang bagasi juga sangat luas dengan kapasitas standar 485 liter yang dapat ditingkatkan menjadi 942 liter. Renault Koleos yang memakai sasis X-Trail bukan hanya di generasi terbarunya ini saja, karena pada generasi sebelumnya Koleos diproduksi di pabrik Samsung di Korea yang juga memproduksi mobil berbasis X-Trail dengan nama Renault Samsung QM5.

Harga dan Fitur yang Sepadan

Setelah sasis, mesin, dan transmisi yang sama plek dengan X-Trail, lalu bagaimana dengan fitur-fitur lainnya? Apakah bisa dikatakan mumpuni? Mengingat harga jual mobil ini yang lumayan tinggi, seharga Rp 460 Juta untuk paket standarnya, dan Rp 495 Juta jika menggunakan panoramic sunroof.

interior New Koleos, mumpuni (foto : performancedrive.com.au)
interior New Koleos, mumpuni (foto : performancedrive.com.au)

Koleos dibekali dengan sistem multimedia personal terintegrasi yang disebut R-Link 2. Sistem ini menjadi pusat kendali dari fitur multimedia, kontrol berbagai fitur mobil seperti AC, kamera parkir, blind spot warning dan semua diakses via layar sentuh 8,7-inci dengan perspektif portrait sehingga sangat futuristik. Sistem audio juga sudah dibekali Bose 12 speaker yang bisa diatur via prosessor terintegrasi 7-channel.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY