5 Hatchback Terlaris di Indonesia

2384
0
BERBAGI

Mobil berjenis hatchback akhir-akhir ini menjadi salah satu model yang sangat digemari oleh para pengguna mobil di Indonesia, mungkin karena bentuknya yang kompak sehingga sangat cocok digunakan di lalu lintas perkotaan Indonesia. Berikut ini kami rangkumkan 5 model hatchback terlaris di Indonesia pada kuartal pertama 2016.

1. All New Toyota Yaris

Dengan mencatatkan angka penjualan sebanyak 6244 unit, Toyota All New Yaris berhasil menjadi market leader untuk segmen hatchback di Indonesia. Sepertinya, pada tahun ini All New Yaris memiliki potensi untuk menggeser kedudukan Honda Jazz yang memimpin penjualan di tahun 2015. Dari total Yaris yang terjual selama 4 bulan, sekitar 70% unitnya adalah varian TRD Sportivo yang merupakan varian tertinggi dari All New Yaris. Mobil ini dijual dengan kisaran harga Rp 258 juta untuk versi manualnya dan Rp 268 juta untuk versi maticnya. Harga mobil ini tentu saja lebih mahal daripada harga Honda Jazz RS, tetapi nyatanya All New Yaris tetap memimpin pasar hatchback di kuartal pertama 2016.

2. All New Honda Jazz

Walaupun masih kalah jumlah dengan Toyota All New Yaris, paling tidak All New Honda Jazz masih bisa meraih posisi kedua pasar hatchback di Indonesia pada kuartal pertama tahun 2016. Honda All New Jazz berhasil terjual sebanyak 6.060 unit yang terjual dalam tempo 4 bulan. Jazz yang dijual di Indonesia dibagi ke dalam tiga varian: A, S dan RS dengan harga yang dimulai pada kisaran angka Rp 208 juta hingga Rp 262,5 juta. Semua varian memiliki pilihan transmisi matic dan manual, sedangkan varian matic CVT terseda untuk S dan RS saja. Varian yang merajai penjualan adalah Jazz RS CVT dengan jumlah sebanyak 4.203 unit atau sekitar 69% dari total penjualan Honda Jazz pada kuartal pertama tahun ini.

3. All New Mazda 2

Peringkat ketiga penjualan hatchback terlaris di Indonesia pada kuartal pertama tahun ini diduduki oleh All New Mazda 2. Berdasarkan data dari GAIKINDO, Mazda2 berhasil terjual sebanyak 1.374 unit untuk kuartal pertama 2016. Walaupun berada di posisi ketiga, tetapi jumlah penjualan All New Mazda 2 terpaut sangat jauh dengan Honda Jazz. Tiga varian utama Mazda 2 yang dijual di Indonesia adalah V, R dan GT. Walaupun belakangan mereka memang sempat menjual varian limited edition, namun GAIKINDO tidak mencatat adanya penjualan dari varian ini. Sedikit berbeda dengan Honda Jazz dan Toyota Yaris yang memiliki penjualan terbanyak pada varian tertingginya, Mazda 2 yang paling laku justru tipe R automatic transmission dengan harga berkisar antara Rp 260 juta. Hal ini mungkin disebabkan karena tipe tertingginya, Mazda 2 GT memiliki harga yang terpaut jauh dari para kompetitornya yaitu sekitar Rp 280 juta. Harga ini mungkin bisa dibilang wajar karena Mazda 2 memang masih diimpor dari luar.

4. Kia All New Rio

Walau hanya duduk di posisi keempat, keberhasilan Kia berada di 5 besar penjualan mobil hatchback di Indonesia ini patut diapresiasi. Penjualan Kia All New Rio ini bahkan berhasil melangkahi penjualan merek Jepang ternama, Suzuki. Penjualan yang berhasil dicatatkan Kia pada 4 bulan pertama 2016 adalah sejumlah 337 unit. Keberhasilan penjualan ini tampaknya disebabkan oleh faktor harga yang bisa dibilang cukup murah dibandingkan dengan model model hatcback lainnya, karena Kia menjual Rio dengan kisaran harga mulai Rp 198 juta hingga Rp 255,5 juta. Selain harga, desainnya yang memiliki aura berbeda dengan merek asal Jepang nampaknya juga berpengaruh untuk menarik minat masyarakat, apalagi fitur yang diusungnya pun tak bisa disepelekan. Mulai dari desain eksterior hingga desain kabinnya, semuanya terkesan mewah dan elegan.

5. Suzuki Swift

Suzuki memang memiliki jaringan penjualan dan servis yang luas di Indonesia, tetapi ternyata pamor hatchback Suzuki memang belum bisa menyaingi kepopuleran hatcback dari pabrikan Jepang lainnya. Penjualannya di kuartal pertama tahun ini hanya mencapai 180 unit saja, padahal spesfikasi yang diusung oleh Suzuki Swift ini cukup menarik dan juga desain Swift terbaru pun sudah sedikit lebih modern jika diibandingkan dengan generasi sebelumnya. Lampu projektor sebagai lampu utamanya sudah memiliki fitur auto levelling, belum lagi adanya sebuah fitur Cruise Control walaupun hanya tersedia di varian GS yang dijual dengan kisaran harga Rp 224 juta.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY