Akibat Dieselgate, Hanya Satu Merek Mobil yang Bisa Menjual Mobil Diesel di...

Akibat Dieselgate, Hanya Satu Merek Mobil yang Bisa Menjual Mobil Diesel di Amerika Serikat pada Tahun Ini

1172
0
BERBAGI
Jaguar menjadi pemain tunggal di segmen diesel Amerika Serikat (Foto: listcarbrands)

Rasanya masih segar dalam ingatan kita tentang skandal penipuan uji emisi yang dilakukan oleh Volkswagen (VW) pada akhir tahun lalu. Skandal yang juga dikenal dengan nama dieselgate ini masih terus berimbas panjang, termasuk dengan pelarangan penjualan beberapa mobil bermesin diesel di Amerika Serikat.

Amerika Serikat memang dikenal punya standar yang tinggi untuk urusan emisi. Melalui Environmental Protection Agency (EPA), Amerika Serikat seakan alergi pada mesin diesel dan memperketat pengawasan serta pengujian terkait mobil bermesin diesel. Akibatnya, sepanjang tahun 2016 ini hanya satu merek mobil saja yang mendapat izin untuk menjual mobil dieselnya.

Jaguar dan BMW

Jika melihat catatan tahun lalu, setidaknya ada sembilan merek kendaraan yang diperbolehkan menjual mobil bermesin diesel di Amerika Serikat, termasuk lini kendaraan dari VW Group seperti VW, Porsche dan Audi. Ketiga merek tersebut akhirnya dilarang menjual model mobil bermesin dieselnya sejak terungkap melakukan manipulasi pengujian data emisi.

Kecurangan VW berdampak besar pada dunia otomotif (Foto: gettyimages)
Kecurangan VW berdampak besar pada dunia otomotif (Foto: gettyimages)

Amerika Serikat melalui EPA akhirnya memutuskan untuk memperketat standar pengujian dengan melakukan pengujian lebih lama dan dengan cara yang tak dapat ditebak. Hal ini dilakukan agar tak ada lagi pabrikan yang berbuat curang dengan cara apapun. Atas metode ini, banyak pabrikan yang terpaksa menunda penjualan model mobil bermesin diesel agar lebih siap saat diuji oleh EPA. Akibatnya, hanya Jaguar saja yang diperbolehkan menjual model 2017 bermesin diesel sepanjang tahun ini karena berhasil memenuhi standar EPA.

Kantor EPA di Amerika Serikat (Foto: Automoblog)
Kantor EPA di Amerika Serikat (Foto: Automoblog)

Sebenarnya tak hanya Jaguar yang diperbolehkan menjual mobil bermesin diesel pada tahun ini, karena BMW juga telah mendapat izin untuk memasarkan mobil bermesin diesel buatannya. Hanya saja, BMW baru bisa memasarkan mobilnya tersebut pada akhir tahun karena menjalani pengujian terbaru EPA. BMW disebut akan menjual Seri 3 dan X3 bermesin diesel pada akhir tahun ini dan X5 pada Januari 2017.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY