Akibat Penjualan Menurun, Para Bos Hyundai Sukarela Potong Gajinya Sendiri

Akibat Penjualan Menurun, Para Bos Hyundai Sukarela Potong Gajinya Sendiri

977
0
BERBAGI
(foto : todayonline.com)

Setelah mengalami pemogokan karyawan yang disebabkan oleh tuntutan kenaikan gaji beberapa waktu yang lalu, saat ini Hyundai kembali didera masalah keuangan. Keuangan perusahaan mengalami goncangan akibat turunnya angka penjualan Hyundai di dunia. Laporan ini muncul sehari sebelum Hyundai melaporkan pendapatan perusahaan selama kuartal ketiga 2016.

Penjualan yang merosot ini adalah salah satu imbas dari aksi mogok para perkerja, yang pada akhirnya sudah terselesaikan pada bulan ini. Selain penjualan secara global, penjualan Hyundai di Korea Selatan sendiri juga mengalami penurunan. Selama Januari-September 2016, penjualan global Hyundai Motor dan afiliasi mereka, Kia Motor, secara akumulatif menurun 1,8 persen dibanding periode yang sama tahun lalu. Sembilan bulan pertama tahun ini mereka hanya mencatat total penjualan sebanyak 5,62 juta unit. Jumlah ini dikabarkan menjadi penurunan penjualan pertama yang mereka alami sejak tahun 1998.

Jajaran Eksekutif Rela Potong Gaji

Kerugian yang dialami oleh perusahaan ini selama Juli-September akibat demonstrasi-demonstrasi karyawan yang akhirnya mempengaruhi penjualan tercatat mencapai 3,1 triliun Won atau sekitar Rp 35,56 triliun. Angka ini tentu saja bukan jumlah yang sedikit, dan untuk mengatasi hal ini, para jajaran eksekutif Hyundai mengajukan pemotongan gaji sebanyak 10% untuk para bos Hyundai maupun perusahaan-perusahaan yang terafiliasi dengan Hyundai.

jajaran executive Hyundai rela potong gaji karena penjualan menurun (foto : skynews.com.au)
jajaran executive Hyundai rela potong gaji karena penjualan menurun (foto : skynews.com.au)

Aksi pengurangan gaji ini menjadi yang pertama sejak krisis global tahun 2008. “Jajaran eksekutif dari perusahaan-perusahaan yang terafiliasi dengan Hyundai Motor Group mengajukan pengurangan gaji. Sejauh yang saya tahu, hal itu akan dilakukan mulai bulan ini,” kata seorang petinggi Hyundai yang tidak disebutkan namanya. Jumlah para eksekutif yang melakukan pengurangan gaji ini kurang lebih berjumlah total 1.000 eksekutif dari 51 perusahaan yang terafiliasi dalam Hyundai Motor Group.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY