Malaysia Akan Perkenalkan Mobil Listriknya Bulan Depan

Malaysia Akan Perkenalkan Mobil Listriknya Bulan Depan

999
0
BERBAGI
Sedan listrik pertama Malaysia meluncur bulan depan (Foto: Paultan)

Tingkat polusi dari emisi yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor kian mengkhawatirkan saja. Tak heran jika kemudian para produsen otomotif berkeinginan untuk terus mengembangkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan, apalagi ketersediaan bahan bakar fosil juga terancam habis di masa mendatang.

Saat ini, kendaraan hybrid maupun kendaraan listrik dianggap menjadi salah satu solusi yang paling mudah diaplikasikan dan mulai familiar dijumpai di banyak negara, termasuk Malaysia yang dikabarkan bakal segera melepas mobil listrik pertamanya bulan depan.

Hasil Kerjasama dengan BAIC

Mobil listrik pertama Malaysia itu disebut akan meramaikan ajang Malaysia Auto Show pada 10 – 13 November 2016 di Mines International Exhibition and Trade Centre, Selangor. Mobil berjenis sedan tersebut dibuat oleh perusahaan Malaysia, Amber Dual, dan bekerja sama dengan Beijing Auto International Corporation (BAIC).

BAIC EV200 saat diuji coba (Foto: chinaautoweb)
BAIC EV200 saat diuji coba (Foto: chinaautoweb)

BAIC sendiri memang telah sejak lama merencanakan untuk membangun pabrik mobil listrik di Malaysia sebagai pusat produksi, terutama untuk kawasan ASEAN. Pabrik yang memiliki memiliki kapasitas produksi sebanyak 20 ribu unit dalam setahun ini rencananya mulai beroperasi pada September atau Oktober tahun ini.

Prediksi Spesifikasi

Meskipun masih belum ada keterangan lebih lanjut mengenai spesifikasi mobil sedan listrik ini, namun mobil yang dibuat dengan basis mobil hatchback BAIC EV200 ini diperkirakan memiliki kemampuan jelajah hingga 200 km saat baterai terisi penuh.

BAIC EV 200 yang menjadi basis sedan listrik Malaysia (Foto: Youtube)
BAIC EV 200 yang menjadi basis sedan listrik Malaysia (Foto: Youtube)

Andaikan sedan listrik ini juga mengadopsi jantung pacu milik EV200, maka motor listriknya yang menggunakan baterai lithium-ion 30.4 kWh mampu mengeluarkan tenaga sebesar 72 hp dan torsi 180 Nm. Akselerasi 0 – 100 kpj dapat ditempuh dalam waktu 9,7 detik serta memiliki kecepatan puncak 125 km/jam.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY