6 Fakta Renault Kwid yang Beredar di Indonesia

1936
0
BERBAGI

Renault Indonesia telah resmi meluncurkan mobil murahnya di Indonesia, Renault Kwid. Mobil yang dijual seharga mobil-mobil LCGC ini tentu saja akan menarik banyak minat dari warga Indonesia karena memiliki bentuk yang jauh lebih mewah daripada mobil-mobil LCGC. Tetapi sebelum anda membeli mobil ini, ada beberapa fakta tentang Renault Kwid yang perlu anda tahu. Inilah 6 fakta tentang Renault Kwid yang beredar di Indonesia:

1. Renault Kwid Bukan LCGC

Banyak yang mengira bahwa Kwid ini adalah bagian dari program LCGC yang dicanangkan oleh pemerintah. Tetapi kenyataannya, Renault Kwid ini tidak termasuk dalam skema LCGC. Secara fisik, mobil ini mungkin memang memiliki spek yang mirip mirip dengan mobil LCGC, apalagi jika dilihat dari mesinnya yang hanya berkapasitas 1000 cc dan menganut konfigurasi 3 silinder segaris. Harga yang ditawarkan oleh Renault Indonesia pun setara dengan rata-rata harga mobil LCGC, yakni sekitar Rp 117 jutaan.

2. Memiliki Platform yang Sama dengan Datsun Redi-GO

Di India, Renault Kwid dan Datsun Redi-GO diproduksi di satu pabrik yang sama. Hal ini disebabkan karena Nissan dan Renault memang sudah berafiliasi, maka tidak heran jika kedua merk ini saling berbagi platform. Selain pada Kwid dan Redi-GO, Renault Koleos terbaru juga memakai platform yang sama dengan Nissan X-Trail.  

3. Kwid di Indonesia Hanya Memiliki Satu Pilihan Mesin

Renault Kwid yang beredar di India memiliki 2 pilihan mesin, yaitu mesin 800 cc dan 1000 cc. Hal ini berbeda dengan Kwid yang masuk dan diedarkan di Indonesia, dimana Renault Indonesia hanya menyediakan 1 tipe mesin saja untuk semua serinya, yaitu mesin 1000 cc 3 silinder segaris.

4. Hanya Mendapatkan 1 Bintang dalam uUji Tabrak

Crash test yang dilakukan oleh global NCAP pada Kwid versi standartnya membuahkan hasil yang sangat mengecewakan, Kwid hanya mendapatkan 1 bintang. Ini memang lebih baik daripada hasil yang didapatkan oleh Datsun Redi-GO, tetapi hasil 1 bintang itu tetaplah buruk. Sayangnya, Kwid yang beredar di Indonesia mempunyai fitur keselamatan yang sama dengan Kwid yang diuji oleh global NCAP, hanya memiliki satu airbag. Seandainya mobil ini dilengkapi dengan dua airbag, mungkin hasil uji tabraknya akan jauh lebih baik.

5. Kwid di India Mendapat Recall

Ketika Renault Kwid sedang diluncurkan di Indonesia, 50.000 unit Renault Kwid di India justru mendapatkan recall. Recall ini ditujukan untuk Kwid yang memiliki kapasitas mesin 800 cc. Untungnya seri ini tidak masuk ke Indonesia! Recall ini disebabkan oleh adanya kerusakan pada saluran bahan bakar yang berpotensi bisa menghambat suplai bahan bakar ke mesin.

6. Sudah Memiliki Layanan Purna Jual

Salah satu hal yang menjadi pertimbangan ketika kita akan membeli mobil adalah seberapa luas jaringan layanan purna jualnya. Hal ini berkaitan dengan layanan servis resmi dan penjualan sparepart-nya. Sementara ini Renault Indonesia baru memiliki 17 bengkel resmi yang tersebar di Sumatera, Jawa-Bali, Kalimantan dan Sulawesi. Memang belum sebanyak Suzuki atau Toyota, tetapi rasanya sudah cukup untuk para penghuni kota-kota besar Indonesia yang ingin memiliki Renault Kwid. Selain itu, anda juga bisa melakukan servis mobil ini melalui sejumlah dealer Nissan yang ditunjuk oleh Renault.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY