Suzuki Baleno Hatchback Segera Masuk Indonesia

Suzuki Baleno Hatchback Segera Masuk Indonesia

3685
1
BERBAGI
Suzuki Baleno akan segera masuk Indonesia (Foto: Autoexpress)

Setelah peluncuran Suzuki SX4 S-Cross dan hadirnya Jimny (walau sekedar dipamerkan) di ajang GIIAS 2016 bulan Agustus lalu, kali ini Suzuki Indomobil Sales (SIS) dikabarkan tengah mempersiapkan kemunculan dari Suzuki Baleno hatchback dalam waktu dekat.

Perkenalan publik dengan Baleno hatchback sebenarnya sudah sejak 2015 silam, dimana Suzuki menampilkan mobil konsep IK-2 pada ajang GIIAS 2015. Konsep inilah yang akhirnya menjadi cikal-bakal bagi generasi terbaru Suzuki Baleno.

Punya Tiga Pilihan Mesin, Pilih yang Mana?

Kabar kemunculan Baleno Hatchback di Indonesia diperkuat dengan pernyataan dari Donny Saputra, Direktur Pemasaran SIS,yang mengatakan bahwa persiapan SIS sudah mencapai 70%. Meski begitu, Donny belum mau membocorkan spesifikasi Baleno hatchback yang akan beredar di Indonesia karena pihak SIS masih melakukan studi lebih lanjut tentang pilihan mesin.

Interir Baleno Hatchback versi setir kiri (Foto: Autoexpress)
Interir Baleno Hatchback versi setir kiri (Foto: Autoexpress)

 

Jika melihat spesifikasi Baleno yang diproduksi oleh Maruti Suzuki India, maka ada tiga pilihan mesin yang ditawarkan: mesin 3-silinder 1.000 cc Boosterjet dengan turbo, mesin 4-silinder 1.200 cc Dualjet plus SHVS (Smart Hybrid Vehicle by Suzuki), atau mesin diesel 4-silinder 1.300 cc. Mesin yang manakah yang bakal digunakan pada Baleno hatchback di Indonesia?

Tidak Mengganggu Pasar Swift

Sebelum kabar ini muncul, banyak kalangan meragukan SIS akan membawa Baleno hatchback ke Indonesia. Pasalnya, kehadiran Baleno hatchback dirasa bisa berbenturan segmen dengan Suzuki Swift yang juga berjenis hatchback.

Suzuki IK-2 Concept yang jadi asal muasal Baleno Hatchback (Foto: Ototaiment)
Suzuki IK-2 Concept yang jadi asal muasal Baleno Hatchback (Foto: Ototaiment)

Atas persepsi ini, SIS mengatakan tidak akan ada kondisi berbenturan antara Baleno maupun Swift, terutama karena dimensi Baleno lebih besar dari Swift, yakni panjang 3,995 m, lebar 1,745 m, dan tinggi 1,5 m. Jarak sumbu rodanya pun lebih panjang, yakni 2,52 m. Ini tentu berbeda dari Swift yang memiliki panjang 3,85 m, lebar 1,695 m, tinggi 1,51 m, serta jarak sumbu roda 2,43 m.

Menerka Harganya

Tak hanya dimensinya saja yang lebih besar dari Swift, namun segmen yang disasar juga berada di atas kelas Swift. Berhubung masih belum ada bocoran lebih lanjut, berapa ya kira-kira harga Baleno yang pastinya bakal dijual lebih mahal dari Swift ini?

 

Berapa harga mobil ini saat masuk Indonesia nanti? (Foto: Autoexpress)
Berapa harga mobil ini saat masuk Indonesia nanti? (Foto: Autoexpress)

Sebagai informasi, Swift yang beredar saat ini dijual dengan rentang harga mulai dari Rp 209,5 juta hingga Rp 233,5 juta. Maka bisa diperkirakan bahwa harga Baleno hatchback kemungkinan besar sama dengan kisaran harga Honda Jazz maupun Yaris, yakni di angka Rp 228 jutaan hingga Rp 269 jutaan.

1 KOMENTAR

  1. Sangat menarik jika benar harga yang dipasang ada diangka Rp 228 jutaan hingga Rp 269 jutaan. Namun jika dilihat kembali di atas swift, Suzuki sudah memasarkan S-cross. Meski jenis kendaraan tsb berbeda, namun kedua kendaraan itu memiliki kesamaan. yaitu sama2 kendaraan utk 4 s/d 5 penumpang.. yang tidak menutup kemungkinan akan saling “memakan” oangsa pasar masing2 kendaraan tsb.

LEAVE A REPLY