Menghemat Pengeluaran, Volkswagen Undur Diri dari Ajang Reli Dunia

Menghemat Pengeluaran, Volkswagen Undur Diri dari Ajang Reli Dunia

539
0
BERBAGI
(foto : carscoops.com)
Setelah putusan pengadilan jatuh atas kasus dieselgate yang menimpa Volkswagen (VW) di Amerika, VW dijatuhi denda yang tidak sedikit. Denda sebesar Rp 261 triliun harus dibayarkan, dan mengalami kerugian jatuhnya saham VW sebesar Rp 245 triliun. Sekedar pengingat, dieselgate adalah kasus yang terjadi di VW Amerika dengan menggunakan software ilegal untuk mengelabui tes emisi pada kendaraan diesel VW seperti VW Touareg TDI.
Hal ini ternyata sangat berpengaruh kepada keadaan finansial VW Group. Tidak disangka-sangka, lini balap pabrikan VW Group ini pun terkena imbasnya. VW dikabarkan bakal mundur dari ajang World Rally Championship (WRC) untuk memangkas pengeluaran perusahaan setelah vonis ganti rugi dieselgate dijatuhkan. Beberapa media otomotif internasional memberitakan bahwa VW mundur tahun ini juga. Mungkin saja VW akan mengumumkannya di seri terakhir WRC 2016 di Coffs Harbour, Australia, pada tanggal 17 November 2016 mendatang.

Lalu Bagaimana Nasib Sang Pebalap?

VW pertama kali mengikuti WRC sebagai tim pabrikan sejak tahun 2013. Sebagai tim balap pabrikan, VW yang turun menggunakan VW Polo ini memang terhitung kampiun di ajang seri WRC. Bagaimana tidak, sejak 2013 VW berhasil mencatat menang 41 kali, termasuk juara dunia manufaktur dan pebalap yang dipersembahkan oleh perelinya, Sebastian Ogier.

Sebastian Ogier, pereli yang turut mengharumkan nama VW di kancah WRC (foto : wrc.com)
Sebastian Ogier, pereli yang turut mengharumkan nama VW di kancah WRC (foto : wrc.com)

Lalu bagaimana dengan nasib Ogier jika VW memutuskan untuk tidak melanjutkan seri WRC ini? Tentu saja ini merupakan masalah kalau juara dunia seperti Sebastian Ogier tiba-tiba menganggur dari persaingan WRC tahun depan beserta beberapa pereli VW lainnya seperti Jari Matti Latvala dan Andreas Mikkelsen. Lalu, apa langkah terbaik yang diambil VW untuk mereka? Belum ada keterangan resmi dari VW, mari kita nantikan saja bagaimana kabar selanjutnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY