SEMA 2016 Dipenuhi Modifikator Kelas Dunia

SEMA 2016 Dipenuhi Modifikator Kelas Dunia

871
0
BERBAGI
(semashow.com)

Speciality Equipment Market Association atau lebih dikenal dengan nama SEMA adalah event yang berisi pameran mobil-mobil hasil modifikasi dan menjadi ajang jual beli produk-produk aftermarket yang terkait dengan industri otomotif. Event besar yang digelar setiap minggu pertama bulan November bertempat di Las Vegas Convention Center di Las Vegas, Nevada, ini tidak dibuka untuk umum. Pihak yang bisa memasuki area event ini adalah dari media, produsen, pembeli, dan eksibitor. Event ini akan digelar hingga tanggal 4 November 2016 besok.

Para produsen yang berkecimpung di dalam industri otomotif saling bersaing untuk menampilkan produk-produk terbaiknya. Modifikator atau builder mobil pun tidak ingin kalah, mereka berlomba-lomba memamerkan hasil modifikasi andalan mereka, karena SEMA ini sudah dianggap sebagai kiblat modifikasi kelas dunia, bahkan pabrikan pun tidak mau kalah untuk memamerkan mobil-mobilnya yang sudah di modifikasi. Situs resmi SEMA merilis info bahwa peserta dari pabrikan yang ikut andil pada SEMA tahun ini antara lain Ford, Jeep, Kia, BMW, Jaguar, Honda, Toyota dan lainnya. Lalu modifikator yang ikut berlaga pun totalnya tidak kurang dari 250 modifikator.

Land Cruiser 2000 Hp

Sebenarnya ada banyak mobil hasil modifikasi yang menarik perhatian di event ini, tapi beberapa diantaranya adalah mobil Land Cruiser yang dibawa oleh pabrikan Toyota dan Toyota GT86 yang dibangun oleh drifter Ryan Tuerck. Apa yang istimewa dari Land Cruiser ini? Alih-alih membuat mobil ini semakin gagah, Toyota malah membuat mobil ini murtad, dari spesialisasinya yang seharusnya menggaruk tanah, menjadi mobil balap sirkuit aspal.

Land Cruiser yang dibangun oleh TRD Amerika, berubah total dari wujud aslinya (foto : topgear)
Land Cruiser yang dibangun oleh TRD Amerika, berubah total dari wujud aslinya (foto : topgear)

Secara fisik, tentu saja mobil ini sudah banyak berubah, dari yang tadinya berbentuk tinggi jangkung menjadi ceper merayap. Tidak hanya di sektor fisik, jantung pacunya pun mendapat ubahan. Mobil ini mendapat jantung baru berkode 3UR-FE, mesin berkonfigurasi v8 dengan kapasitas 5700cc. Kabarnya, mesin ini juga mendapat ubahan dan tambahan dua turbo buatan Garrett, hasil akhirnya, mesin ini bisa menyemburkan 2000 Hp! Menurut data yang dirilis, mobil ini katanya bisa mencapai top speed 264 km/jam.

mesin V8 5700cc, 2000 Hp! (foto : topgear)
mesin V8 5700cc twin turbo, 2000 Hp! (foto : topgear)

Masih dari merk Toyota, ada lagi yang menjadi bintang di SEMA Show 2016ini, yaitu Toyota GT4586. Mobil apa itu? Ini adalah mobil yang dibangun oleh seorang drifter bernama Ryan Tuerck yang bekerja sama dengan Gumout dan Donut Media. Lalu sebenarnya mobil apakah ini? Mobil ini berbasis Toyota GT86, tetapi Ryan Tuerck melakukan ubahan yang dahsyat pada sektor mesinnya dengan menanamkan mesin bawaan Ferrari 458 utuh pada body GT86 nya.

JDM Supercar. Edan! (foto : motor1.com)
JDM Supercar. Edan! (foto : motor1.com)

Ryan Tuerck bercerita bahwa modifikasi yang dilakukannya bukanlah sesuatu yang mudah. Mulai dari mencari posisi yang pas dan membuat engine mounting nya, mengatur ulang air intake, lalu merancang cooling system untuk mesin agar bisa maksimal hingga yang tersulit adalah membuat exhaust system karena ruang mesin yang sempit.

mesin v8 Ferrari yang dinaikkan ke body GT86 (foto : engineswapdepot.com)
mesin v8 Ferrari yang dinaikkan ke body GT86 (foto : engineswapdepot.com)

Apapun yang sudah dilakukan oleh para modifikator, selamat atas usahanya. Salut untuk para modifikator dunia yang turut menorehkan sejarah pada dunia otomotif Internasional. Semoga di tahun-tahun mendatang, builder dari Indonesia tidak ketinggalan juga dalam ajang-ajang otomotif kelas dunia seperti ini.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY