5 Fakta Toyota Yaris Heykers yang Perlu Anda Ketahui

5 Fakta Toyota Yaris Heykers yang Perlu Anda Ketahui

2349
0
BERBAGI
(Foto: gaspol)

PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja meluncurkan Yaris Heykers. Mobil ini menjadi varian tertinggi dari Yaris facelift dan dijual dengan harga mulai dari Rp 265,5 juta untuk varian bertransmisi manual dan Rp 277,3 juta untuk yang bertransmisi CVT. Jika Anda tertarik pada varian anyar dari keluarga Yaris ini, berikut telah kami rangkumkan 5 fakta menarik tentang Toyota Yaris Heykers.

1. Pertama Kali Muncul di GIIAS 2015

Toyota Yaris Legian di GIIAS 2015 (Foto: Paultan)
Toyota Yaris Legian di GIIAS 2015 (Foto: Paultan)

Meskipun baru diluncurkan, Toyota Yaris heykers bukanlah nama yang asing jika Anda pernah mengunjungi Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015 lalu. Mobil ini muncul di booth Toyota bersama dengan Toyota Yaris Legian yang hadir dalam wujud convertible.

2. Dirancang Oleh Tim Desain Toyota Astra Motor

Para desainer Yaris Heykers di GIIAS 2015 (Foto: mobilwow)
Para desainer Yaris Heykers di GIIAS 2015 (Foto: mobilwow)

Toyota Yaris Heykers dikembangkan dan di desain langsung oleh tim Toyota Astra Motor (dengan persetujuan Toyota Jepang) dengan basis Toyota Yaris TRD Sportivo. Selain penambahan body kit, ukuran ketebalan ban dan ground clearance Yaris Heykers juga ikut berubah lebih tebal (dari sebelumnya 195/50 jadi 195/55) dan lebih tinggi (dari sebelumnya 149 mm jadi 184 mm).

3. Arti Nama Heykers

Bagian belakang Yaris Heykers (Foto: svensonandre)
Apa sih arti Yaris Heykers? (Foto: svensonandre)

Mungkin kata Heykers terdengar tidak familiar bagi kita semua. Lalu, apakah artinya? Menurut Miftah Farid, salah satu anggota tim desainer TAM, Heykers adalah nama pelesetan dari sebuah kata “hikers” yang berarti tukang jalan-jalan.

4. Ganti Mesin

Mesin Toyota Sienta Berkode 2NR-FE yang diproduksi di Karawang (Foto : Ototaiment)
Mesin Toyota Sienta Berkode 2NR-FE kini juga digunakan oleh Yaris Heykers (Foto : Ototaiment)

Jika selama ini kita mengenal All New Yaris menggunakan mesin berkode 1NZ-FE, maka mesin tersebut tak lagi kita jumpai pada Yaris Heykers, karena TAM menempatkan jantung pacu baru berkode 2NR-FE yang juga digunakan oleh Toyota Sienta. Mesin ini berkapasitas 1.500 cc empat silinder dengan teknologi Dual VVT-i yang menghasilkan tenaga sebesar 107 hp dengan torsi 140 Nm.

5. Hadir dalam Pilihan Transmisi CVT

Interior Yaris Heykers (Foto: svensonandre)
Yaris Heykers punya transmisi CVT (Foto: svensonandre)

Sebelum ini, Yaris bertransmisi otomatis menggunakan model konvensional torque converter. Bersamaan dengan kemunculan Yaris facelift, kini hadir pilihan transmisi otomatis CVT 7-percepatan. Menurut Toyota, dengan menggunakan CVT maka Yaris Heykers mampu lebih efisien dalam hal konsumsi BBM, yakni lebih hemat 30 persen dari Yaris sebelumnya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY