Ferrari Bangun Pabrik di Jawa Timur?

Ferrari Bangun Pabrik di Jawa Timur?

747
0
BERBAGI
(sumber : alux.com)

Sepekan terakhir ini beredar berita yang terhitung mengejutkan para penggemar otomotif Indonesia. Berita yang mengejutkan ini adalah berita tentang Gubernur Jawa Timur, Soekarwo, yang menyatakan bahwa Ferrari akan membangun pabrik di Jawa Timur.

Pernyataan Soekarwo ini kabarnya keluar setelah beliau melakukan lawatan ke London, Inggris, dan bertemu dengan bos Ferrari di sana. Kepada Ferrari, Soekarwo dikabarkan telah melakukan penawaran lahan yang bisa digunakan untuk membangun pabrik di Jawa Timur.

Ferrari Butuh Lahan 2000 Hektare

Seperti berita yang beredar, Ferrari dikabarkan membutuhkan lahan seluas 2000 hektare untuk kemudian dibangun pabrik suku cadang dan perakitan SUV. Ada yang menyebut pula, pabrik ini juga akan menjadi pabrik elektronik dan besi logam berkualitas tinggi yang akan dipakai untuk memproduksi Ferrari.

Pabrik Ferrari (Foto:home-designing)
Pabrik Ferrari (Foto:home-designing)

Bahkan media online suarasurabaya.net pernah memberitakan pernyataan Soekarwo sebagai berikut, ”Sudah saya tandatangani MoU bisnis, persyaratan teknis kita setuju, tanah juga Pak Saifulillah (Bupati Sidoarjo) juga sanggup seribu hektar,” katanya di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu 2 November 2016.

Ternyata Hoax

Setelah mendengar berita-berita tentang ini, pihak Ferrari Indonesia yang berada dibawah naungan PT. Citra Langgeng Otomotif langsung memberi bantahan. Bantahan ini berupa surat elektronik yang dikirimkan kepada media-media di Indonesia. Salah satu penggalan surat bantahan tersebut berisi, “Sehubungan dengan berita yang beredar belakangan ini, mengenai pembangunan pabrik pembuatan suku cadang Ferrari di Sidoarjo, Jawa Timur, kami ingin mengklarifikasi bahwa berita ini tidak benar. Tidak ada rencana dari Ferrari SpA untuk membeli lahan di Sidoarjo, ataupun membangun pabrik perakitan disana.” Pihak Ferrari Indonesia menyatakan juga bahwa selama ini tidak pernah ada pertemuan dengan pihak investasi Jawa Timur (BPM) ataupun gubernur Jawa Timur untuk mendiskusikan rencana ini.

proses perakitan Ferrari di pabriknya (foto : youtube.com)
proses perakitan Ferrari di pabriknya (foto : youtube.com)

Selain bantahan tentang pabrik di Sidoarjo, pihak Ferrari pun membantah bahwa Ferrari tidak pernah punya rencana untuk membuat mobil bertipe SUV. Hal ini sebelumnya pernah dibahas oleh Sergio Marchionne, bos Ferrari yang juga Chairman CEO Fiat Chrysler Automobiles, yang menyatakan bahwa Ferrari tidak berencana melahirkan produk SUV. Berbeda dengan para produsen mobil lain seperti Bentley, Lamborghini hingga Jaguar yang melahirkan produk baru jenis SUV, karena memang mobil tipe SUV ini di dunia sedang mengalami trend.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY