Toyota dan Daihatsu Akan Buat Perusahaan Baru di Indonesia

Toyota dan Daihatsu Akan Buat Perusahaan Baru di Indonesia

257
0
BERBAGI
Toyota dan Daihatsu akan buat perusahaan baru di Indonesia tahun depan (Foto: Autoblog)

Toyota memang telah resmi memiliki sepenuhnya saham Daihatsu. Ini membuat keduanya memiliki nilai tawar yang kuat di dunia otomotif karena bisa menyasar segmen pasar yang lebih luas. Jika Toyota berfokus pada pengembangan teknologi dan mobil kelas menengah ke atas, maka Daihatsu bisa menjadi penyedia kendaraan dengan harga terjangkau yang menyasar segmen menengah ke bawah.

Untuk di Indonesia, afiliasi ini kian nyata dengan adanya kabar mengenai rencana pendirian perusahaan bersama baru pada awal tahun depan. Informasi ini muncul dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin), dan pendirian perusahaan baru tersebut direncanakan untuk mengembangkan dan memasarkan mobil kompak di Indonesia. Targetnya jelas: menguasai pasar kendaraan di Asia, khususnya negara berkembang.

Tanggapan Gaikindo

Lalu, apa tanggapan Gaikindo (Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) mengenai hal ini? Pihaknya melalui Ketua Umum Gaikindo, Yohannes Nangoi, menyatakan bahwa Gaikindo Gaikindo sendiri belum mengetahui rencana tersebut, namun pihaknya mempersilahkan saja jika memang Toyota dan Daihatsu tengah mempersiapkan perusahaan baru. Menurutnya, Gaikindo memang lebih menekankan pada sisi industri, sehingga tidak mempermasalahkan adanya afiliasi antar perusahaan dan rencana pembuatan banyak pabrik.

Ketua umum Gaikindo Yohanes Nangoi (Foto: otomotifmagz)
Ketua umum Gaikindo Yohannes Nangoi (Foto: otomotifmagz)

Lebih lanjut, Yohanes mengatakan bahwa poin yang lebih penting adalah perkara lokasi dan produksinya di Indonesia, karena ini bisa memajukan industri otomotif dalam negeri termasuk dengan kemungkinan meningkatkan kandungan lokal dari produksi suatu jenis kendaraan. Sejauh ini, proyek mobil kolaborasi dari Toyota dan Daihatsu seperti Avanza-Xenia, Calya-Sigra, Agya-Ayla menjadi contoh kolaborasi yang dinilai berperan memajukan industri otomotif Indonesia.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY