Honda Ajukan Paten Teknologi Kaca Canggih

Honda Ajukan Paten Teknologi Kaca Canggih

765
0
BERBAGI
(sumber : jateng.tribunnews.com)

Teknologi kendaraan roda empat terus bergerak maju dengan sangat dinamis. Pabrikan terus berlomba-lomba untuk menciptakan teknologi terbaru agar tidak ketinggalan. Mereka rela menggelontorkan investasinya untuk mengembangkan teknologi pada mobil produksinya. Honda jadi salah satu merek yang concern akan kemajuan ini. Jika selama ini kaca mobil masih memakai pelapis kaca film bahan fabric untuk menyaring sinar matahari pada kaca mobil, Honda saat ini sudah merancang cara lain.

Ide ini sebenarnya tidak terlalu baru juga, karena dasarnya, teknologi ini pernah dipakai oleh Mercedes-Maybach S 600 pada kaca sunroof-nya. Teknologi ini bernama Smart Glass yang dapat memberi lapisan filter berwarna sehingga sinar matahari yang masuk melalui kaca sunroof tidak terlalu terik. Walaupun sedikit berbeda, tetapi kurang lebih seperti itulah teknologi yang diterapkan oleh Honda, dengan sentuhan teknologi terbaru.

Kaca ‘Touch Screen’

Fokus pada teknologi baru ini adalah kontrol untuk mengaktifkan lapisan filter kaca tersebut. Untuk mengatur window shade, anda bisa menggunakan teknologi layar sentuh seperti yang bisa anda gunakan pada smartphone. Sentuhan ini fungsinya untuk menurunkan atau menaikkan tingkat kepekatan window shade. Untuk mengatur kepekatan shade ini, anda cukup menempelkan jari anda ke kaca dan menggesernya ke atas atau ke bawah.

mungkin suatu saat nanti, kaca film model gulung seperti sudah tidak akan terpakai lagi karena sudah digantikan teknologi yang lebih canggih (foto : apexfilms.ca)
mungkin suatu saat nanti, kaca film model gulung seperti sudah tidak akan terpakai lagi karena sudah digantikan teknologi yang lebih canggih (foto : apexfilms.ca)

Teknologi ini tentu saja akan sangat berguna bagi para penumpang, karena kontrolnya ada di setiap sisi kaca samping kanan dan kiri. Tanpa harus mengganggu aktivitas mengemudi, cukup menggunakan satu jari untuk mengatur filter sinar matahari pada kaca yang diinginkan. Kelemahan teknologi ini adalah jika anda sering-sering menyentuh kaca tentu saja kotoran atau bekas sidik jari akan banyak menempel di kaca, yang tentu saja menjadi tidak nyaman dilihat. Tetapi walau begitu, teknologi ini sepertinya lebih banyak manfaatnya daripada kelemahannya.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY