Fungsi Tanda Bercak Cat pada Ban Baru Anda

Fungsi Tanda Bercak Cat pada Ban Baru Anda

1566
0
BERBAGI
(foto : otomotifextra.com)

Secara tidak sadar, anda pasti pernah melihat bercak cat pada dinding ban mobil anda, dan saya pribadi yakin bahwa anda tidak terlalu peduli dengan keberadaan tanda itu, bahkan mungkin beberapa orang menganggap bercak itu adalah semacam cacat produksi. Memang jika dilihat sepintas, semua ban permukaanya sama. Tetapi tahukah anda, jika diteliti lebih detil pada setiap ban ada yang namanya titik terberat dan titik teringan. Kedua titik ini telah ditentukan oleh setiap pabrik pembuat ban, dimana setiap ban yang telah di produksi akan diperiksa dengan peralatan khusus sehingga di dapatlah bagian mana titik terberat dan teringan.

“Kedua titik ini biasanya di tandai dengan cat berwarna kuning untuk titik teringan dan warna merah pada titik terberat, namun pada produk lain ada juga yang menggunakan warna putih, biru atau warna lain,” terang Firdan Mulia selaku Technical Head National PT Multisrada Arah Sarana TBK, produsen ban Achilles

Bukan Sekedar Tanda

Titik ini tentu saja bukan hanya sekedar penanda, namun mempunyai fungsi. Titik ini dipakai untuk pedoman saat pemasangan ban ke pelek juga untuk memudahkan proses balancing. Titik teringan pada ban harus bertemu dengan titik terberat pada pelek, yang biasanya juga ditandai dengan bercak, atau ada juga yang menandari dengan posisi pentil pada pelek. Adapun fungsi tanda tadi dari pemasangan yang benar adalah untuk memberikan keseimbangan pada roda saat mengelinding. Saat proses balancing, titik temu keseimbangan akan mudah dicapai dan tidak akan banyak timah pemberat yang dipakai pada pelek.

jangan sepelekan proses balancing ban dan pelek sebelum dipasang ke mobil anda. pegaruhnya bisa sangat besar (foto : hendrichondadaytona.com)
jangan sepelekan proses balancing ban dan pelek sebelum dipasang ke mobil anda karena pegaruhnya bisa sangat besar (foto : hendrichondadaytona.com)

Bagi banyak orang, hal ini nampak sepele dan bukan masalah besar, tetapi jika pemasangan ban dan velg tidak benar, anda akan bisa merasakan sendiri betapa tidak nyaman rasanya mobil anda. Oleh karena itu, keseimbangan ini tentu saja menjadi sangat penting untuk diperhatikan, demi menunjang performa dan kenyamanan mobil anda.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY