Mesin Baru Infiniti Raih Penghargaan Mesin Terbaik dan Ramah Lingkungan

Mesin Baru Infiniti Raih Penghargaan Mesin Terbaik dan Ramah Lingkungan

584
0
BERBAGI
(Foto : Autotribute)

Selain penghargaan untuk mesin terbaik dalam ajang Inernational Engine of the Year Awards, ada banyak lagi penghargaan serupa yang memberikan apresiasi pada mesin maupun teknologi buatan para pabrikan otomotif di seluruh dunia, termasuk ajang Grand Austrian Automobile Award yang menggelari mesin terbaru Infiniti sebagai mesin terbaik dan ramah lingkungan dari Automobile, Motor and Bicycle Association of Austria (ARBÖ).

Mesin anyar Infiniti ini menjadi bukti bahwa tak hanya pabrikan asal Jerman atau Amerika Serikat saja yang mampu meraih predikat bergengsi ini. Seperti kita ketahui bersama, Infiniti adalah merek yang berada di bawah nama besar Nissan dan dikhususkan untuk menyasar segmen premium.

VC-Turbo

Mesin terbaru Infiniti yang berjaya di ajang ini bernama VC-Turbo dan telah dikembangkan selama 20 tahun terakhir. Infiniti bahkan telah membuat sebanyak 100 unit prototipe hingga akhirnya menemukan formula yang tepat untuk VC-Turbo. Mesin tersebut dihasilkan dari multi-link yang mampu beradaptasi pada sistem stroke piston sehingga menghasilkan rasio kompresi antara 8:1 dan 14:1 yang lebih rendah untuk memberikan torsi yang lebih besar, sedangkan kompresi lebih tinggi namun tetap hemat bahan bakar.

Mesin Infiniti raih penghargaan di Austria (Foto: Carbay)
Mesin Infiniti VC-Turbo (Foto: Carbay)

Berkat itulah mesin ini bisa menghasilkan tenaga selayaknya tenaga yang yang dihasilkan oleh mesin V6, namun dengan tingkat efisiensi layaknya mesin diesel. Mesin VC-Turbo Infiniti ini mempunyai spesifikasi mesin 4-silinder berkapasitas 2.000 cc dengan single scroll turbocharged. Menurut Infiniti, mesin ini diperkirakan dapat menghasilkan tenaga hingga 268 hp dan torsi 390 Nm. Infiniti akan mulai menjual mobil dengan mesin VC-Turbo pada tahun 2018 mendatang.

Mesin dengan Kompresi Variabel Pertama yang Siap Produksi

Lalu, apa alasan para ahli yang menjadi juri dalam ajang Grand Austrian Automobile Award memilih VC-Turbo sebagai mesin pemenangnya? Menurut mereka, mesin terbaru buatan Infiniti tersebut menjadi mesin pertama di dunia yang dibuat dengan kompresi variabel yang siap diproduksi.

Mesin ini dinilai sebagai (Foto: conceptcarz)
Mesin ini dinilai sebagai mesin pertama di dunia yang dibuat dengan kompresi variabel yang siap diproduksi (Foto: conceptcarz)

Sebagai informasi, ARBO sebelum ini lebih sering memberikan penghargaan mesin terbaik dan ramah lingkungan pada kendaraan dengan teknologi penggerak alternatif. Kehadiran mesin VC-Turbo dianggap akan menghadirkan kendaraan yang hemat bahan bakar dari pembakaran mesin internal di masa mendatang.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY