Mesin Bensin VS Mesin Diesel, Pilih Mana?

Mesin Bensin VS Mesin Diesel, Pilih Mana?

6259
0
BERBAGI
Diesel VS Bensin, pilih mana? (Foto: upcomingcarsinindia)

Setelah kasus pemalsuan data uji emisi yang dilakukan oleh Volkswagen (VW) pada mobil-mobilnya yang bermesin diesel di Amerika Serikat (AS), kini negara Paman Sam itu seolah alergi terhadap segala jenis mobil bermesin diesel. AS bahkan sampai memperketat standar pengujian dan baru memperbolehkan satu merek saja untuk menjual mobil bermesin diesel untuk tahun ini.

Melihat hal ini, banyak dari kita yang kemudian bertanya-tanya, benarkah mesin diesel seburuk itu? Lalu bagaimana dengan mobil baru bermesin diesel yang ada di Indonesia? Kita tahu, selama ini mesin diesel di Indonesia dianggap sebagai mesin ‘kotor’ dan lebih sering digunakan oleh kendaraan niaga atau komersial. Namun, belakangan ini banyak pabrikan yang kembali menawarkan pilihan mesin diesel untuk mobil-mobil terbarunya. Jadi, mana yang paling baik, bensin atau diesel? Untuk mengetahuinya, mari kita ulas bersama!

 

Salah Kaprah Perawatan

Salah satu hal yang membuat mesin diesel dicap sebagai mesin kotor sebenarnya karena salahnya perawatan yang dilakukan juga. Penggunaan bahan bakar diesel yang buruk juga bisa menjadi penyebabnya. Akibat dari kesalahan inilah kendaraan bermesin diesel biasanya menghasilkan asap hitam dari saluran gas buangnya. Suara mesin yang lebih berisik dan getaran yang cukup kencang juga menjadikan citra mesin diesel kian buruk jika dibandingkan mesin bensin.

Salah perawatan berujung pada kendaraan yang tidak layak (Foto: IFC)

Tapi itu dulu. Sekarang, mesin diesel terus mendapatkan penyesuaian hingga kian halus dan bertenaga. Mesin ini juga makin ciamik saat dipadukan dengan teknologi turbocharger yang membuatnya semakin efisien. Inilah yang membuat banyak pabrikan kembali tertarik untuk memasukkan kendaraan dieselnya karena mesin diesel dikenal lebih irit bahan bakar dan memiliki daya tahan lebih baik dari mesin bensin. Lantas, bagaimana jika kita bandingkan saja keduanya? Yuk!

Perbedaaan Harga

Sejauh ini, jika ada dua mobil dengan varian yang setara, maka bisa dipastikan bahwa harga mobil bermesin diesel akan lebih mahal jika dibandingkan model bermesin bensin. Penyebabnya, teknologi yang diterapkan pada mesin diesel biasanya lebih tinggi. Misalkan saja pada All New Toyota Kijang Innova G A/T bermesin diesel yang lebih mahal sekitar Rp 30 jutaan dari Innova Bensin G/AT.

All New Kijang Innova (foto : toyota.astra.co.id)
All New Kijang Innova (foto : toyota.astra.co.id)

Hal ini disebabkan karena Innova diesel mempunyai turbocharger dengan intercooler di dalamnya. Maka tak heran jika kendaraan lain yang memiliki varian diesel memiliki kisaran harga lebih mahal Rp 20 hingga Rp 40 Jutaan dari varian mesin bensin.

Biaya Operasional

Harga mobil bermesin diesel yang rata-rata lebih mahal dari mobil bermesin bensin tidak membuat Anda jadi rugi kok. Kenapa? Karena biasanya mobil diesel lebih menguntungkan secara efisiensi bahan bakar dibandingkan mobil bensin.

Konsumsi bahan bakar mesin diesel biasanya lebih irit dari mesin bensin (Foto: daily express)
Konsumsi bahan bakar mesin diesel biasanya lebih irit dari mesin bensin (Foto: daily express)

Mobil diesel biasanya 15 hingga 20 persen lebih irit bahan bakar dibandingkan mobil bensin. Ini tentu menguntungkan juga bagi kantong Anda. Selain itu, komponen mobil bermesin diesel juga biasanya lebih awet dibandingkan komponen mobil bermesin bensin.

 

Faktor Lain

Selain hal-hal di atas, ada juga faktor-faktor lain yang turut menjadi penentu untuk membantu kita memilih mana mesin yang lebih baik. Misalkan saja harga komponen mesinnya. Untuk mesin diesel, harus diakui bahwa komponennya biasanya lebih mahal dari komponen mesin bensin. Ini juga berimbas pada biaya perawatan yang umumnya lebih mahal. Tapi untuk urusan ketahanan, mesin diesel teruji lebih tahan banting daripada mesin bensin.

Ada banyak faktor yang bisa membantu anda untuk menentukan pilihan (Foto: Gettyimages)
Ada banyak faktor yang bisa membantu anda untuk menentukan pilihan (Foto: Gettyimages)

Dari segi kenyamanan, mesin bensin lebih unggul karena tak seberisik mesin diesel. Getarannya juga tidak sekencang mesin diesel, sehingga penumpang lebih merasa nyaman berada di dalam sebuah kendaraan bermesin bensin.

Anda Pilih Mana?

Setelah membaca poin-poin di atas, Anda akhirnya mengetahui beberapa kelebihan dan keunggulan dari mesin diesel dan bensin. Lalu, mobil apa yang harus dipilih? Terlebih dahulu Anda tentukan mana yang lebih penting bagi Anda, apakah efisiensi bahan bakar atau kenyamanan berkendara? Jika efisiensi yang jadi pertimbangan, maka mobil bermesin diesel layak menjadi pilihan, sedangkan jika kenyamanan yang anda utamakan, mesin bensinlah pilihannya.

Akhirnya, mana yang anda pilih? (Foto: allstarautosolutions)
Akhirnya, mana yang anda pilih? (Foto: allstarautosolutions)

Pertimbangkan juga soal operasioan jarak tempuh yang akan Anda butuhkan. Jika mobil akan digunakan sebagai sarana angkut yang membutuhkan jarak tempuh lebih jauh, maka mobil diesel lebih menguntungkan. Namun jika hanya digunakan sebatas keperluan perkotaan dan tunggangan harian, mobil bermesin bensin lebih cocok bagi Anda. Bagaimana, sudah menentukan pilihan?

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY