Toyota Luncurkan Minivan Terbarunya di Jepang

Toyota Luncurkan Minivan Terbarunya di Jepang

770
0
BERBAGI
(foto : Toyota Global)

Masih ingatkah Anda dengan beberapa merk minivan yang sempat merajai jalanan Indonesia pada kisaran tahun 80-an hingga 90-an? Mulai dari Daihatsu Hijet, Suzuki Carry, atau Mitsubishi Minicab sempat menjadi mobil keluarga favorit bagi para keluarga kecil di Indonesia. Mobil berbentuk van dengan dimensi yang kompak, bisa memuat sebuah keluarga kecil, dan mesin yang tidak boros bahan bakar, sangat cocok untuk jalanan Indonesia.

Mobil van kompak seperti itu sepertinya memang cocok untuk dipakai pada kondisi jalanan di Asia. Dua hari yang lalu, Toyota Jepang baru meluncurkan produk terbarunya yang berbentuk minivan. Mobil kompak ini lahir dalam dua model, Toyota Roomy dan Toyota Tank. Seperti minivan Jepang yang terdahulu, mobil berdimensi kecil ini menawarkan sensasi ruang kabin yang lapang, dengan mesin yang efisien. Sayangnya, untuk sementara ini, minivan terbaru Toyota tersebut hanya untuk distribusi di pasar domestik Jepang.

Fitur-Fitur Mumpuni

Walaupun berbadan kecil dan terlihat biasa saja, kedua minivan ini ternyata punya fitur-fitur yang lumayan mumpuni. Baik Roomy maupun Tank, keduanya memiliki ruang yang lumayan fleksibel, karena konfigurasi kursinya hanya dua baris. Jadi sisa ruangnya bisa dimanfaatkan untuk menambah ruang lapang antar kursi atau bisa dimanfaatkan sebagai bagasi. Konfigurasi kursi yang dua baris ini hanya sanggup memuat 5 orang saja. Toyota juga menambahkan fitur pada kursinya agar bisa direbahkan hingga 70 derajat, sehingga bisa dimanfaatkan sebagai kasur jika sedang dalam perjalanan panjang. Untuk pintu penumpangnya, Toyota tidak memasangkan pintu konvensional, karena pintunya memakai sliding door elektrik yang bisa memudahkan penumpang untuk keluar masuk.

sliding door elektrik, memudahkan penumpang untuk keluar masuk (foto : Toyota Global)
sliding door elektrik, memudahkan penumpang untuk keluar masuk (foto : Toyota Global)

Fitur lain yang menarik adalah pemantau parkir panoramic yang disupport oleh 4 kamera. Fitur ini akan memudahkan pengendara karena bisa memberikan visibilitas maksimal saat parkir. Fitur keselamatan modern juga bisa ditemukan pada kedua minivan ini, Smart Assist II yang menggabungkan fungsi collision warning, collision avoidance brake assist, hill start control, line deviation warning hingga pengingat yang berfungsi ketika kendaraan di depan mobil sudah maju.

Toyota menyediakan dua pilihan mesin yang menarik, mesin NA dan mesin turbo (foto : Toyota Global)
Toyota menyediakan dua pilihan mesin yang menarik, mesin NA dan mesin turbo (foto : Toyota Global)

Mesin yang digunakan pun mesin dengan kapasitas kecil. Ada dua mesin yang ditawarkan, mesin 3-silinder berkode 1KR-FE 3 silinder 1000 cc, dan 1KR-VET. ‘T’? Yak! Anda benar, Turbo! Mesin 3 silinder dengan tambahan turbo diklaim Toyota bisa menghasilkan tenaga yang setara dengan mesin 1500 cc. Toyota pun memberikan pilihan menarik untuk sistem penggerak rodanya, yaitu pilihan two wheels drive, dan four wheels drive.

Mungkinkah Dijual di Indonesia?

Kedua mobil yang diproduksi oleh Daihatsu di Ikeda Plant ini memang sementara hanya dijual di Jepang saja. Toyota akan mulai mendistribusikan mobil ini dengan harga mulai 1,4 juta- 2 juta Yen atau sekitar Rp 178-255 juta. Dengan spesifikasi dan fitur-fitur yang lumayan mumpuni, rasanya harga ini tidak terlalu mahal.

ruang yang fleksibel dan cukup lapang (foto : Toyota Global)
ruang yang fleksibel dan cukup lapang (foto : Toyota Global)

Lalu, apakah mungkin ke depannya mobil ini akan dijual di Indonesia? Mengingat harga dan spesifikasinya yang sebenarnya masuk ke jangkauan pasar Indonesia. Tetapi, sekali lagi kita harus ingat bahwa jika mobil itu benar-benar masuk ke Indonesia maka kemungkinan terkena pajak tinggi sangat besar. Beda ceritanya jika diproduksi di Indonesia.

 

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY