5 Tips Membeli Mobil Bekas Taksi Agar Dapat Barang Bagus dengan Harga...

5 Tips Membeli Mobil Bekas Taksi Agar Dapat Barang Bagus dengan Harga Murah

452
0
BERBAGI
Membeli mobil bekas taksi bisa jadi solusi bagi Anda yang ingin membeli mobil bekas (Foto: Viva)

Saat ini, kebutuhan akan sarana transportasi di Indonesia telah bergeser menjadi kebutuhan primer maupun sekunder. Hal ini disebabkan karena arus mobilitas yang tinggi tak didukung dengan fasilitas transportasi umum yang memadai. Maka tak heran jika orang cenderung menginginkan untuk memiliki kendaraan pribadi.

Selain motor, mobil menjadi kendaraan yang paling diminati. Selain bisa menampung lebih banyak penumpang, kita juga tak perlu khawatir dengan kendala cuaca seperti hujan. Masalahnya, bagaimana dengan orang yang memiliki dana terbatas namun ingin membeli mobil? Mobil bekas lah solusinya. Di antara sekian banyak pilihan mobil bekas, mobil bekas taksi menjadi pilihan yang menarik karena biasanya ditawarkan dengan harga lebih murah. Simak tips dari kami agar Anda tak menyesal di kemudian hari karena membeli mobil bekas taksi.

1. Pilih Perusahaan Taksi Bereputasi Baik

Hal pertama yang wajib Anda cermati adalah perusahaan taksi mana yang paling bonafid di kota Anda. Selain reputasinya yang baik, jumlah armada yang banyak, perhatikan juga perusahaan yang rutin merawat armadanya. Ini bisa Anda ketahui dari kenyamanan taksi yang Anda tumpangi.

Blue Bird adalah salah satu perusahaan taksi terpercaya di Indonesia (Foto: Panoramio)
Blue Bird adalah salah satu perusahaan taksi terpercaya di Indonesia (Foto: Panoramio)

Meskipun mobil bekas taksi pasti memiliki jarak tempuh yang tinggi, jika perawatan rutin dilakukan, maka kondisi mesin dan pendukung lainnya bisa terjaga.

2. Cek Kondisi Mesin

Setelah menentukan pilihan perusahaan, kemudian pilih mobil yang ingin anda pinang. Pastikan untuk melakukan pengecekan menyeluruh pada mesinnya. Cek juga apakah ada perembesan oli atau tidak, serta cermati mesinnya. Jika terlihat kotor parah, besar kemungkinan mesinnya jarang terawat.

Lakukan pengecekan terhadap mesin mobil yang ingin anda beli (Foto: carbay)
Lakukan pengecekan terhadap mesin mobil yang ingin anda beli (Foto: carbay)

Jangan ragu untuk menyalakan mesin dan dengarkan bunyi yang ditimbulkannya. Jika ada suara ganjil, segera cari penyebabnya. Sejumlah kekurangan kecil mungkin masih bersifat wajar mengingat pemakaiannya yang memang tinggi. Jika banyak dijumpai masalah pada unit yang Anda pilih, segera ganti pilihan Anda, karena perusahaan taksi biasanya menjual banyak unit yang bisa Anda pilih.

3. Cek Kondisi Kaki-kaki dan Sasis

Setelah melakukan pengecekan pada mesinnya, cek juga kondisi sasis dan kaki-kakinya. Perlu diingat, bagaimanapun juga taksi adalah kendaraan yang melalui banyak jenis jalan dalam jarak yang tergolong jauh. Maka bukan tak mungkin jika sasis maupun kaki-kakinya akan mendapat imbas juga.

Periksa juga kondisi sasis dan kaki-kaki mobil (Foto: money)
Periksa juga kondisi sasis dan kaki-kaki mobil (Foto: money)

Lakukan pengecekan secara teliti, perhatikan juga apakah ada tanda-tanda mobil itu pernah mengalami kecelakaan, terguling, dan sebagainya. Anda berhak mengetahui riwayat perbaikan yang pernah dilakukan pada mobil itu. Jika ada kerusakan berat, hindari memilih mobil tersebut daripada Anda harus mengeluarkan kocek ekstra untuk melakukan pembenahan.

4. Coba Langsung (Test Drive)

Setelah Anda yakin tidak ada masalah berarti pada calon mobil yang akan Anda beli, mintalah untuk melakukan test drive. Hal ini diperlukan karena kelayakan dan kenyamanan mobil baru terbukti saat diuji langsung di jalan.

Lakukan test drive untuk memastikan kondisi mobil sesuai dengan apa yang Anda lihat (Foto: Youtube)
Lakukan test drive untuk memastikan kondisi mobil sesuai dengan apa yang Anda lihat (Foto: Youtube)

Cermati apakah ada gejala mobil cenderung ke arah tertentu saat melintasi jalan lurus, karena jika iya, ada kemungkinan kaki-kaki atau sasisnya bermasalah. Rasakan juga performa mesinnya, apakah terasa underpower atau tidak. Tidak perlu terburu-buru dalam melakukan pengujian, karena Anda pasti menginginkan mobil yang sehat bukan?

5. Cek Kelengkapan Surat

Jika sudah tak ada masalah yang Anda temukan dan Anda sudah mantap untuk meminang mobil bekas taksi tersebut, maka langkah terakhir yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa kelengkapan dokumen kepemilikan mobil.

Pastikan kelengkapan surat-surat mobil telah sesuai (Foto: Autobild)
Pastikan kelengkapan surat-surat mobil telah sesuai (Foto: Autobild)

Biasanya, perusahaan taksi akan langsung membuat plat hitam kendaraan atas nama Anda. Meski begitu, ada juga perusahaan yang memberikan kendaraan sudah dalam plat hitam, namun anda masih perlu melakukan balik nama sendiri. Metode manapun yang diberikan oleh perusahaan, pastikan Anda melakukan pengecekan surat-suratnya dengan kecocokan nomor rangka, nomor mesin, STNK dan BPKB.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY