5 Pilihan Mobil Bekas Murah Di Bawah Rp 30 Juta yang Layak...

5 Pilihan Mobil Bekas Murah Di Bawah Rp 30 Juta yang Layak Anda Beli

3917
0
BERBAGI
(foto : adlienerz.com)

Saat ini mobil tidak sekedar menjadi alat transportasi, tetapi juga menjadi suatu alat untuk menjaga eksistensi diri dalam kehidupan sosial. Betul sekali, kita sedang membicarakan mobil dari sudut pandang kehidupan sosial. Bagi beberapa pihak, kata-kata ‘mapan’ akan digambarkan dari rumah, mobil, pakaian, gadget, dan lain sebagainya. Bagi orang-orang yang tidak peduli dengan status sosial seperti itu, maka kehidupannya akan tenang-tenang saja, tetapi bagi orang yang sangat peduli dengan status sosial, maka hal-hal seperti ini banyak-sedikit menggangu pikirannya.

Jika Anda adalah tipe orang yang peduli dengan status sosial, maka Anda pun pasti punya hasrat yang sangat tinggi untuk memiliki mobil. Sayangnya, tebal dompet yang dimiliki tidak selalu seiring dengan hasrat yang menggebu. Nah, bagi Anda yang ingin bergaya dengan menggunakan mobil tetapi memiliki dana yang pas-pasan, di artikel ini kami akan rangkumkan 5 mobil bekas di bawah Rp 30 juta yang bisa Anda pilih.

1. Mitsubishi Eterna

Eterna, walau tua, tetapi desainnya masih nyaman dilihat dan terlihat garang (foto : topgir.com)
Eterna, walau tua, tetapi desainnya masih nyaman dilihat dan terlihat garang (foto : topgir.com)

Mitsubishi Eterna lahir dengan dua jenis mesin 2000 cc: SOHC dan DOHC injeksi. Mobil yang beredar hingga tahun 1993 ini harga pasaran mobil bekasnya kini ada di angka Rp 30 jutaan, terutama untuk Eterna keluaran 90-an awal. Tentu saja, harga ini hanya bisa menjadi patokan, karena pada dasarnya harga mobil akan tergantung kepada kondisi dan kelengkapan dokumennya. Eterna versi DOHC lebih digemari karena memiliki tenaga yang lebih besar, yaitu 143 Hp pada 6500 rpm. Maka tidak heran jika versi ini diberi label GTi.

2. Nissan Cefiro

Nissan Cefiro A31, sedan mewah dengan harga murah (foto : bright-cars.com)
Nissan Cefiro A31, sedan mewah dengan harga murah (foto : bright-cars.com)

Mobil ini pertama kali masuk Indonesia pada tahun 1990. Sedan berkelas premium ini pada waktu itu langsung berhadapan dengan Honda Accord dan Toyota Corona. Sedan ini diklaim memiliki beberapa fitur canggih pada masanya yang belum dimiliki oleh para pesaingnya. Nissan Cefiro yang pada waktu itu berharga sekitar Rp 90 juta, saat ini di pasaran mobil bekas dapat anda temukan dengan harga yang cukup murah, yakni kisaran Rp 25 jutaan. Sayangnya, banyak yang mengeluhkan kalau mesin mobil ini boros bahan bakar. Maklum saja, mesinnya adalah 6 silinder segaris dengan kapasitas 2000 cc, dan bisa menghasilkan 130 Hp.

3.  Toyota Starlet

Starlet kotak seperti ini masih digemari oleh banyak anak muda untuk dimodifikasi, baik mesin maupun bodinya (foto : speedhunters)
Starlet kotak seperti ini masih digemari oleh banyak anak muda untuk dimodifikasi, baik mesin maupun bodinya (foto : speedhunters)

Starlet EP70 dan EP71 ini di Indonesia lebih akrab dipanggil Starlet Kotak. Diproduksi di pertengahan tahun 80-an, Starlet kotak ini berharga sekitar Rp 24 jutaan di pasaran mobil bekas Indonesia. Starlet kotak lahir dengan dua jenis mesin: 1000 cc SOHC 4 silinder (1E-C, no sasis EP70) dengan tenaga maksimal 55 Hp, dan mesin 1300 cc SOHC 4 silinder (2E-C, no sasis EP71) dengan tenaga maksimal 65 Hp. Walaupun bentuknya sangat kotak, hingga saat ini Starlet tersebut masih banyak digemari oleh para kaum muda untuk dimodifikasi.

4. Honda Civic Wonder 2 Pintu

Civic Wonder Hatchback, masih disegani di dunia balap mobil Jepang (foto : youtube.com)
Civic Wonder Hatchback, masih disegani di dunia balap mobil Jepang (foto : youtube.com)

Wonder setrikaan, begitu julukan anak-anak muda saat ini kepada Civic Wonder Hatchback. Civic Wonder sebenarnya lahir dalam dua versi: sedan dan hatchback. Di kalangan anak muda, Wonder Hatchback atau Wonder dua pintulah yang lebih populer. Bentuknya yang kompak untuk jalanan perkotaan dan ketangguhan mesinnya patut diperhitungkan. Dengan mengusung mesin 1300 cc, mobil ini dikenal lumayan irit. Harga di pasaran mobil bekas saat ini adalah sekitar Rp 25 juta, tergantung kondisinya.

5. Toyota Corolla Twincam

Corolla Twincam (otomotifnet.com)
Corolla Twincam (otomotifnet.com)

Corolla generasi keenam ini adalah awal Corolla yang mulai memakai mesin canggih. Mesinnya empat silinder twincam alias DOHC, dengan seri 4A-F dan 4A-G untuk kapasitas 1300 cc, dan juga mesin 1600 cc. Harga pasarannya saat ini adalah berkisar antara Rp 25 juta. Toyota Astra Motor Indonesia waktu itu juga merilis Corolla Twincam GTi, menggunakan mesin legendaris 4A-GE 1600 cc yang bisa menghasilkan daya hingga 140 Hp. Selain desainnya masih enak untuk dipandang, kualitas mesinnya pun tidak bisa disepelekan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY