6 Tips Rahasia Membeli Mobil Bekas Agar Dapat Harga Murah dan Berkualitas

6 Tips Rahasia Membeli Mobil Bekas Agar Dapat Harga Murah dan Berkualitas

678
0
BERBAGI
pasar mobil bekas di Blok M Square, Jakarta (foto : carmudi)

Membeli mobil bekas adalah salah satu cara bagi para pemilik dana terbatas yang kurang mampu untuk membeli mobil baru. Sebernarnya, jika kita tahu caranya dan bisa teliti saat membelinya, mobil bekas bisa memberikan beberapa keuntungan yang lumayan. Lalu bagaimanakah caranya agar bisa membeli mobil bekas dengan harga murah dan berkualitas?

Di artikel ini kami sampaikan 6 tips rahasia membeli mobil bekas agar bisa mendapat harga murah dan kualitas yang tidak mengecewakan. Berikut tips rahasianya :

1. Bandingkan Harga

Sebelum membeli mobil bekas, Anda tentu saja harus mencari informasi tentang harga pasaran mobil bekas yang Anda inginkan. Anda bisa mencari tahu lewat berbagai media iklan yang banyak menawarkan mobil bekas, baik media online maupun  media cetak. Banyak situs jual mobil bekas yang menyediakan informasi berbagai merk, harga, tahun dan spesifikasinya. Bisa juga Anda cari tahu lewat koran harian dan majalah otomotif.

bandingkan harga mobil di beberapa media iklan, anda akan mendapatkan gambaran harga pasaran (sumber : olx)
bandingkan harga mobil di beberapa media iklan, anda akan mendapatkan gambaran harga pasaran (sumber : olx)

Tidak ada salahnya juga jika Anda mencari tahu harganya di showroom mobil bekas atau bertanya kepada teman yang paham tentang jual beli mobil bekas. Intinya, semakin banyak wawasan Anda tentang harga, tahun, dan spesifikasi mobil yang Anda inginkan, maka semakin mudah Anda menilai mobil yang akan anda beli, termasuk mendapatkan mobil bekas berharga murah namun berkualitas.

2. Belilah Mobil Bekas dari Tangan Pertama

Jika Anda ingin membeli mobil bekas, usahakan Anda membelinya langsung dari tangan pertama. Mobil dari pemilik pertama biasanya memiliki kondisi yang lebih prima daripada mobil yang sudah berganti-ganti tangan, karena tentu saja mobil belum mengalami pergantian tangan yang juga berbeda-beda karakter berkendaranya. Lagipula jika Anda membeli mobil dari tangan pertama dan tanpa perantara, akan lebih banyak memiliki peluang untuk medapatkan harga yang murah.

bagaimanapun juga, perantara tetap akan menambah harga jual mobil kepada anda (ilustrasi : khazanah dokter)
bagaimanapun juga, perantara tetap akan menambah harga jual mobil kepada anda (ilustrasi : khazanah dokter)

Jika memang status mobilnya bukan tangan pertama, paling tidak anda membelinya langsung dari pemilik bukan dari makelar ataupun perantara lainnya. Hindari juga membeli mobil dari showroom mobil bekas, karena Anda akan sulit menelusur sejarah mobil tersebut dan biasanya harga yang ditawarkan pun akan lebih tinggi dari harga pasaran.

3. Cari Tahu Latar Belakang Mobil

Ini adalah salah satu hal yang harus Anda perhatikan saat akan membeli mobil bekas. Jika Anda membeli mobil langsung dari pemilik, maka Anda akan lebih mudah untuk mencari tahu latar belakang mobilnya. Dengan menanyakan ke pemiliknya, maka Anda bisa tahu sesering apakah mobil itu dipakai, apakah menjadi mobil harian atau hanya dipakai sesekali saja.

serapi apapun pengerjaannya, biasanya cacat pada body mobil tetap bisa dideteksi (foto : tidar custom garage)
serapi apapun pengerjaannya, biasanya cacat pada body mobil tetap bisa dideteksi (foto : tidar custom garage)

Selain itu, Anda juga bisa melacak apakah si pemiliknya rajin melakukan service rutin atau tidak. Anda bisa menanyakan bengkel langganannya dimana, apakah bengkel resmi atau hanya bengkel biasa. Tentang sparepart apa saja yang pernah diganti juga harus anda tanyakan. Intinya, apapun yang pernah dialami oleh si mobil tersebut pasti akan mempengaruhi kondisi mobilnya.

4. Cek Kondisi Mobil

Nah! inilah bagian paling penting saat Anda ingin membeli mobil bekas. Anda bisa mencocokkan keterangan si pemilik mobil dengan kondisi mobil yang sebenarnya, maka Anda pun akan bisa menilai apakah di pemilik itu jujur atau tidak. Perhatikan kondisi cat mobil apakah masih mulus atau ada titik-titik karat, goresan, penyok, atau bekas tambalan. Rabalah pada bagian bawah pintu-pintu, bawah tutup bagasi, juga kap mesin, apakah sudah berkarat atau belum. Tidak ada salahnya juga jika Anda periksa bagian kolong mobil. Perhatikanlah keempat ban, apakah masih bagus atau sudah mulai halus.

ban yang sudah halus akan menambah biaya perbaikan anda. sebaiknya anda perhitungkan baik-baik (foto : kaskus)
ban yang sudah halus akan menambah biaya perbaikan anda. sebaiknya anda perhitungkan baik-baik (foto : kaskus)

Setelah Anda puas melihat-lihat bagian luar mobil, saatnya Anda memeriksa mesin mobil. Memang bagian ini agak sulit, bahkan orang yang ahli pun masih bisa tertipu karena untuk mengetahui bagian mesin secara detail memang harus membongkarnya dahulu. Paling tidak Anda bisa dengarkan suaranya, apakah masih halus atau ada suara-suara asing. Lalu cek apakah ada oli-oli atau cairan lain yang bocor. Periksa juga volume oli mesin apakah dalam keadaan penuh normal atau berkurang banyak. Jika oli mesin berkurang banyak, kemungkinan ada kebocoran atau penguapan oli yang tidak wajar. Setelah memeriksa bodi dan mesin, giliran interior yang Anda periksa. Jok, dashboard, panel-panel, karpet, plafon, sensor-sensor, dan beberapa fitur elektronik yang lain adalah beberapa hal yang harus Anda periksa.

5. Test Drive

Mintalah ijin kepada pemilik untuk mencoba mobilnya. Dengan mengendarai mobil tersebut, Anda akan mudah untuk memeriksa kenyamanan kaki-kaki dan fungsi rem. Saat Anda mengerem pada kecepatan 50 Km/jam seharusnya tidak ada getaran pada pedal rem atau terdengar bunyi mendecit. Jika ini terjadi, Anda sebaiknya mengurungkan niat membeli mobil ini, kecuali jika mendapat negosiasi harga yang sesuai untuk biaya perbaikan rem. Akselerasi mesinnya juga harus Anda rasakan, apakah mesin masih responsif atau malah tidak bertenaga. Dengarkan juga apakah ada bunyi-bunyian aneh selama mobil Anda pakai berjalan.

test drive menjadi cara yang paling handal untuk melakukan penilaian pada mobil (foto : autoweb)
test drive menjadi cara yang paling handal untuk melakukan penilaian pada mobil (foto : autoweb)

Saat berjalan, Anda bisa sekalian coba AC-nya. Nyalakanlah AC untuk mengetahui apakah masih berfungsi dengan baik. Perhatikan juga speedometer dan indikator-indikator yang lainnya apakah menyala dengan baik. Periksa juga odometernya untuk melihat jarak tempuh, karena kondisi mobil yang baik adalah memiliki jarak tempuh yang normal, tidak terlalu berlebihan. Pada kondisi normal, seorang pengemudi rata-rata akan menempuh jarak 16.000 hingga 24.000 Km dalam setahun.

6. Periksa Dokumen Pelengkap

Setelah Anda selesai memeriksa dan sudah benar-benar cocok dengan mobilnya, maka tips terakhir adalah Anda harus memeriksa keabsahan BPKB dan STNK-nya. Periksa keaslian cap dan tanda tangan pengesahan BPKB dan STNK tersebut, halaman pengesahan disertai dengan hologram yang dapat diperiksa dengan mudah di bawah sinar matahari. Kemudian periksa nomor rangka dan Nomor Mesin pastikan nomor-nomor tersebut sama dengan yang tertera di BPKB dan STNK. Jika Anda memiliki waktu luang, akan lebih baik jika Anda memeriksa keabsahan surat-suratnya di kantor samsat. Jika dokumen asli tidak dapat dibawa, Anda dapat meminta lembar fotokopiannya untuk diperiksa di kantor Samsat.

sebagai pendukung keputusan pamungkas, cek kelengkapan surat-surat kendaran (foto : tribunnews)
sebagai pendukung keputusan pamungkas, cek kelengkapan surat-surat kendaran (foto : tribunnews)

Selain BPKB dan STNK, ada baiknya jika Anda juga memeriksa dokumen lain misalnya asuransi mobil tersebut. Jika mobil itu diasuransikan, mintalah si pemilik memperlihatkan kartu atau dokumen resmi yang menyatakan bahwa mobil tersebut diasuransikan. Semua proses balik nama dapat Anda lakukan sepanjang dokumen dan surat juat beli lengkap. Jadi, sebelum melakukan pembayaran, Anda harus melengkapi diri dengan surat dan dokumen jual-beli yang lengkap dan bermaterai. Selain itu, mintalah fotocopy KTP penjual mobil sebagai arsip Anda.

Nah, melalui 6 tips tadi, jangan heran jika Anda bisa mendapatkan mobil bekas dengan harga murah namun berkualitas.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY