Honda Malaysia Pamerkan Jazz Hybrid di MIECC

Honda Malaysia Pamerkan Jazz Hybrid di MIECC

263
0
BERBAGI
Honda Jazz Hybrid (Foto: Paultan)

Sebuah kejutan dilakukan oleh Honda Malaysia beberapa hari lalu. Dalam pameran yang digelar di Mines Intenational Exibition and Convention Centre (MIECC), Honda Malaysia memamerkan sebuah mobil yang disinyalir adalah Honda Jazz Hybrid. Hal ini menjadi sesuatu yang baru dan sangat menarik karena sebelumnya Honda hanya menyediakan mesin bensin untuk Jazz.

Sepertinya Honda menanggapi popularitas mesin hybrid yang saat ini semakin digemari dipasaran, dan khususnya menanggapi keinginan pemerintah Malaysia yang ingin menggalakkan mobil ramah lingkungan. Pemerintah Malaysia akan memberikan insentif pada kendaraan Energy Efficient Vehicle (EEV). Honda Jazz Hybrid ini diperkirakan akan diproduksi secara lokal di Malaysia. Beberapa waktu yang lalu Honda juga berencana menghadirkan Jazz dengan menggunakan mesin baru, i-VTEC Turbo 3-silinder berkapasitas 1000 cc, 1500 cc, dan mesin 2000 cc 4 silinder akan menjadi opsi mesin Jazz di masa yang akan datang.

Power Lumayan

Honda Jazz Hybrid Malaysia ini menggunakan kombinasi dua mesin yang diperkirakan menggunakan mesin bensin i-VTEC 1500 cc dan tambahan motor listrik. Tenaga maksimal yang mampu dihasilkan mencapai 108 Hp untuk mesin bensinnya dan 29 Hp untuk motor listrik dimana tenaga listrik yang dihasilkan bersumber dari baterai lithium ion. Jika kedua mesin ini ditotalkan akan menghasilkan 134 Hp.

mesin bensin tetap menggunakan 1500cc i-VTEC (foto : paultan)
mesin bensin tetap menggunakan 1500cc i-VTEC (foto : paultan)

Fitur yang juga disematkan Honda di Jazz Hybrid ini salah satunya adalah electric servo braking system, yakni teknologi pengereman listrik baru yang berfungsi untuk meningkatkan efisiensi dari tenaga baterai. Honda mengklaim bahwa teknologi baru ini dapat membuat mobil lebih hemat bahan bakar sebanyak 34%. Jazz Hybrid ini hanya perlu satu liter bahan bakar untuk menempuh jarak 36,4 km. Selain fitur pengereman yang baru, Honda Jazz Hybrid yang dipamerkan di MIECC ini juga dilengkapi dengan empat mode mesin. Empat mode tersebut adalah EV Drive, Hybrid Drive, dan Engine Drive yang bekerja sesuai dengan kondisi dan kontur jalan.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY