Mobil Anda Tiba-Tiba Tidak Mau Distarter? Mungkin ini 4 Penyebabnya

Mobil Anda Tiba-Tiba Tidak Mau Distarter? Mungkin ini 4 Penyebabnya

1381
0
BERBAGI
Mobil Anda tidak bisa distarter tiba-tiba? Cari tahu penyebabnya (Foto: Tribun)

Mungkin saat ini Anda sedang mengalami masalah dengan starter mobil, atau mungkin Anda malah pernah mengalaminya? Kebetulan artikel kami kali ini akan membahas beberapa penyebab kenapa mobil tidak bisa starter.

Sebenarnya ada banyak hal menjadi sebab kenapa mesin mobil tidak bisa starter, tetapi di sini kami hanya akan membahas beberapa saja yang sangat penting. Sebelum Anda mengalami kendala seperti ini, ada baiknya Anda mengetahui penyebab mobil tidak bisa distarter. Di bawah ini adalah 4 penyebab mobil sulit distater :

1. Aki

Aki adalah sumber utama kelistrikan. Aki adalah kekuatan utama untuk memutar dinamo starter yang bertugas untuk memutar mesin. Jika mobil tiba-tiba saja tidak bisa distarter, hal pertama yang perlu Anda curigai adalah aki. Kalau aki sudah soak (tekor), maka wajar jika tidak bisa menyuplai listrik untuk memutar dinamo starter. Lalu apa yang menjadi sebab aki tidak bisa berfungsi? Sebenarnya ada banyak sebab, namun biasanya karena aki sudah tidak layak pakai. Bisa juga, ada kesalahan pada sistem pengisiannya, mungkin altenator yang bertugas untuk mengisi aki sudah rusak dan tidak bisa mengisi listrik pada aki.

cara mernjumper aki yang tekor (foto : autoexpress.co.uk)
cara mernjumper aki yang tekor (foto : autoexpress.co.uk)

Jika Anda mengalami hal ini, solusi paling mudah adalah dengan men-jumper (memancing) aki Anda menggunakan aki mobil lain yang sehat. Akan lebih baik jika aki lain yang akan digunakan masih menempel di mobil, dan lebih baik lagi jika mobil dalam keadaan hidup. Tetapi misalnya Anda tidak bisa menemukan aki lain, mobil bisa Anda dorong dengan posisi kontak menyala, lalu masukkan persneling ke gigi 1 atau 2. Sayangnya, trik ini tidak bersahabat dengan semua mobil, karena mobil matic tidak akan bisa dihidupkan dengan cara ini.

 2. Sekring

Jika anda sudah memeriksa aki dan ternyata kondisinya masih normal, maka hal kedua yang perlu Anda curigai adalah kabel sekring utama. Biasanya kabel sekring utama terletak di dekat aki pada kutub positif. Coba Anda buka wadah sekringnya, periksa apa sekringnya masih tersambung atau putus. Jika putus, belilah sekring baru, tetapi jika sekring masih utuh, Anda bisa cek ulang kabelnya karena mungkin ada kabel yang terputus.

bentuk sekring (foto : tokopedia,com)
bentuk sekring (foto : tokopedia,com)

Periksa sekalian kabel-kabel lain yang ada di kutub positif dan negatif aki, mungkin ada yang bermasalah juga. Misalnya semua kabel sudah tersambung dengan rapi, periksalah juga konektor kabel di kutub positif dan negatif aki, biasanya bagian  ini mudah berkarat. Bersihkanlah karatnya, agar arus listrik tidak terganggu.

3. Soket Dan Kunci Kontak

Setelah Anda memeriksa aki dan sekring utama tetapi semua kondisinya normal, selanjutnya Anda perlu memeriksa soket-soket kabel dan kunci kontak. Bisa jadi, soket-soket kabelnya sudah rusak dan perlu diganti yang baru. Kadang kerusakan pada soket-soket kabel tidak terlihat langsung, tetapi bisa dicek dengan menggunakan alat yang bernama multitester.

kontak mobil yang konservatif bisa saja mengalami kerusakan di konektornya (foto : mirantha.blogspot.com)
kontak mobil yang konservatif bisa saja mengalami kerusakan di konektornya (foto : mirantha.blogspot.com)

Selain itu, perlu juga Anda cek kabel-kabel yang menuju ke area kontak. Bisa juga kabel-kabel itu yang mengalami kerusakan. Mungkin bisa juga rumah kontaknya yang sudah rusak, walaupun sebenarnya ini penyakit yang lumayan jarang ditemukan.

4. Dinamo Starter

Jika semua bagian di atas ternyata normal, maka yang selanjutnya boleh dicurigai adalah pokok dari sistem starter, yaitu dinamo starter. Anda bisa dengarkan suaranya saat anda men-starter mobil Anda, apa ada suara asing atau putaran starter yang terasa berat? Biasanya ada dua bagian yang sering rusak, switch starter, atau dinamo starter itu sendiri. Biasanya, kalau terjadi kerusakan pada swicth starter, Anda harus menggantinya dengan yang baru. Jika kerusakan ada pada dinamo starter, masih bisa diganti sparepart-nya. Biasanya, kalau bukan karbon brush, bisa jadi kumparan dinamo terbakar.

diagram switch dan dinamo starter (ilustrasi : cara-kerja-mobil.blogspot.com)
diagram switch dan dinamo starter (ilustrasi : cara-kerja-mobil.blogspot.com)

Misalnya hal ini menimpa Anda, dalam keadaan darurat anda masih bisa menyalakan mobil dengan cara mendorongnya. Caranya sama dengan saat Anda mengalami aki soak atau tekor. Jika sudah sampai kepada masalah dinamo starter, segeralah bawa mobil Anda kepada ahlinya, atau bengkel kepercayaan Anda.

TIDAK ADA KOMENTAR

LEAVE A REPLY